Sebanyak 29 Jurnalis Dari 19 Media Pastikan Ikut UKW Mandiri Gelombang III

SURABAYA-Mondes.co.id| Dua puluh sembilan orang dari 19 media di pastikan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Mandiri gelombang III, 27-28 Februari 2021 dengan lembaga penguji Solopos.

Ada 19 Media tersebut dari Palembang, Lampung, Sultra, Yogyakarta dan berbagai daerah di Jawa Timur diantaranya Liputan 4, Journalist, Duta Masyarakat.

Gerbang Nusantara News, Lampung One, Jurnal Faktual News, Indonesia Satu, Merdeka News, Media Mataraman,  Arya Media.

Memo X, Petisi, Warta TV, Berita Merdeka, Kabar Daerah, Tabloid LPK Nusantara News, Fakta Jombang, Media Petisi, Rilis.

Dari 29 wartawan yang semuanya mengikuti jenjang muda akan menghadapi para tim penguji yakni, Suwarmin, Syifaul Arifin, Ichwan Praseto, Rachmat Wibisono, Abu Nadjib, Anton, Rini Yustiningsih.

“Tentang siapa saja yang akan menguji 29 wartawan itu, nanti bisa diketahui setelah acara pembukaan, dengan pembagian kelompok yang juga di umumkan tim penguji selama dua hari,” ujar Agung Santoso inisiator UKW Mandiri.

Jadi, lanjut Agung yang juga Ketua Forum Komunikasi Pemimpin Redaksi Media (FKPRM) di Jatim tim penguji tidak bergantian tapi tetap pada kelompoknya selama dua hari UKW mandiri berlangsung.

Sebanyak 12 materi akan diujikan, esai, prinsip jurnalistik, unsur-nilai-jenis (UNJ) berita, bahasa jurnalistik, menghubungi nara sumber, rapat redaksi, reportase, menyusun berita, menyunting berita,  teknologi informasi, rapat evaluasi redaksi, kode etik jurnalistik.

(*/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.