Cek Kesiapan Pengamanan Natal, Kapolres Trenggalek Turun Langsung dengan Bersepeda

TRENGGALEK-Mondes co.id| Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan perayaan natal di wilayah hukumnya, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menurunkan ratusan personel. Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera pun secara langsung melakukan pengecekan titik-titik lokasi perayaan. Salah satunya, di gereja Santa Maria yang berada di jalan Ki Mangun Sarkoro, Trenggalek pada Jumat, (24/12/2021) sore.

Didampingi sejumlah pejabat utama Polres Trenggalek, lulusan Akpol 2002 itu mengayuh sepeda berkeliling kota untuk meninjau sejauh mana kesiapan pengamanan oleh anggotanya.

Dikonfirmasi awak media, AKBP Dwiasi menyampaikan, sebagaimana dengan standar operasional dan prosedur (SOP) yang ada bahwa sebelum kegiatan ibadah Natal dimulai ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Pasalnya, tahun ini perayaan Natal masih dalam suasana pandemi Covid-19. Maka, pihaknya menerjunkan tim dari Satsamapta guna melakukan sterilisasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada barang-barang berbahaya maupun upaya lain yang dapat mengganggu jalannya ibadah.
Selain itu, pihak Gereja dan para jemaat tetap diwajibkan mematuhi seluruh protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Untuk malam ini hanya satu tempat di gereja Santa Maria. Sedangkan untuk besok ada 21 gereja yang kita amankan, tersebar di wilayah kecamatan-kecamatan,” sebutnya.

Kapolres pun menambahkan, selain aspek keamanan dan kelancaran ibadah Natal, petugas keamanan juga terus melakukan upaya preventif utamanya yang berkenaan dengan pencegahan penyebaran virus SARS-COV2. Seperti, memastikan sudah terpasang barcode aplikasi peduli lindungi dilokasi perayaan dan jemaat yang hadir tidak melebihi 50% dari kapasitas ruangan. “Disamping itu, petugas juga turut mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan bagi para jemaat yang hadir,” imbuh AKBP Dwiasi.

Ditandaskannya juga, untuk kegiatan pengamanan ibadah Natal di gereja-gereja se-Kabupaten Trenggalek pihak Polres telah menyiapkan sedikitnya 262 personel. Sedangkan khusus wilayah kota Trenggalek 35 personel. Dari situ, diharapkan untuk seluruh agenda perayaan bisa dilaksanakan dengan aman, lancar dan tertib.

“Kita semua berharap, perayaan Natal di Kabupaten Trenggalek dapat berjalan dengan aman dan lancar serta situasi kamtibmas tetap kondusif. Mari bersama Jaga Trenggalek,” harapnya.

(Her/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.