PASANG IKLAN DISINI

Berbagi dalam Keberagaman, Umat Buddha Vihara Dhamma Metta Pati Gelar Bakti Sosial

waktu baca 2 menit
Selasa, 21 Mei 2024 17:07 0 395 Singgih TN

PATI – Mondes.co.id | Umat agama Buddha Vihara Dhamma Metta menggelar kegiatan bakti sosial kepada masyarakat di Desa Bleber, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati. Pengurus vihara dan umat Buddha dengan tulus berbagi kepada masyarakat

Sebanyak 250 paket sembilan bahan pokok (sembako) diberikan kepada masyarakat umum maupun umat Buddha itu sendiri. Kegiatan bakti sosial tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Raya Waisak 2568/2024.

Acara yang berlangsung di Vihara Dhamma Metta itu berlangsung pada hari ini, Selasa (21/5) pukul 09.00 WIB. Kegiatan pun diawali dengan pelepasan burung yang disebut dengan istilah ‘Fangshen’ pada pukul 08.00 WIB.

Sedangkan pembagian sembako dilakukan dengan sistem kupon.

Menurut Penyuluh Agama Buddha Kabupaten Pati, Jumi’ah, bakti sosial ini sebagai aksi nyata umat Buddha dalam mengimplementasikan kesadaran keberagaman.

Acara mendapat dukungan dari PT Sentosa Prima Mandiri, Jakarta, serta Suhu Matra Maitri sebagai penghubung.

“Bakti sosial bertema ‘Berbagi dalam Keberagaman’, sebagai aksi nyata umat Buddha dalam implementasi tema Waisak Nasional, yakni ‘Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis, dan Bahagia’. Sebelumnya, acara diawali ‘Fangshen’, yaitu lepas burung dengan bertujuan melepaskan penderitaan dari makhluk-makhluk yang terkurung,” jelasnya kepada Mondes.co.id.

Masyarakat antusias dengan adanya kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh umat agama Buddha tersebut. Jumi’ah menyebut bahwa masyarakat di Desa Ngawen, Desa Karangsari dan Desa Bleber itu sendiri menjadi sasaran penyaluran bakti sosial.

Selain itu, masyarakat umum yang berada di RT 1 dan RT 2, Dukuh Kopen, Desa Bleber menerima bakti sosial dari umat Buddha.

Baca Juga:  Ribuan Santri Kajen Tumpah-ruah Peringati HSN 2022

Sehingga bakti sosial ini memperlihatkan bukti toleransi antar umat beragama, sehingga tidak hanya untuk pemeluk agama Buddha saja yang dapat bantuan, melainkan pemeluk agama lain juga menerima.

“Umat Vihara Dhamma Metta dan seluruh masyarakat non Buddhis di RT 1 dan RT 2 Dukuh Kopen, umat Vihara Eka Dhamma Loka dan masyarakat tidak mampu di Dukuh Ngawen, Kebon. Lalu umat Vihara Bodhi Kaloka Karangsari, umat Vihara Catur Dharma Datu dan masyarakat tidak mampu di Desa Bleber menjadi sasaran,” bebernya.

Ia berharap, bakti sosial memberikan manfaat kepada para penerimanya, serta membawa berkah Waisak kepada umat Viharan Dhamma Metta.

“Seluruh umat Vihara Dhamma Metta terlibat pada kegiatan ini. Mengadakan dengan tukor kupon membuat masyarakat menyambut baik untuk mendapatkan sembako dan alas kaki dari kegiatan tersebut,” ucapnya.

Acara pun berlanjut dengan pemeriksaan kesehatan sebagai rangkaian bakti sosial kali ini.

“Saya harap apa yang diberikan membawa manfaat untuk penerima, dan membawa berkah Waisak bagi umat Vihara Dhamma Metta,” pungkas Jumi’ah.

Editor: Mila Candra

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini