Demplot Panen Padi Kodim 0718/Pati di Jatimulyo Hasilnya Sangat Memuaskan

PATI – Mondes.co.id | Kodim 0718/Pati, memanen padi di area persawahan Desa Jatimulyo, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Sabtu (6/8/2022).

Hasil panen padi yang dihadiri oleh Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan inipun sangat memuaskan.

Setelah dilakukan penimbangan hasil sampel ubinan oleh para penyuluh pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian (PBB) Kecamatan Wedarijaksa yang disaksikan oleh Dandim Pati, Pasi Ter, Forkopincam Wedarijaksa, Kades serta pemilik sawah, panen padi tersebut mencapai berat 4,5 ton Gabah Kering Panen (GKP).

Kapten Cba Kistono, Perwira Seksi Teritorial Kodim Pati yang juga selaku Perwira Koordinator, mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan Binter untuk pemulihan ekonomi dan reformasi.

“Yakni dengan melalui pembinaan ketahanan pangan di wilayah Kodim 0718/Pati. Sehingga Kodim 0718/Pati hari ini melaksanakan panen padi di Desa Jatimulyo,” ujarnya.

Panen padi ini, diungkapkannya merupakan Demonstrasi Plot (Demplot) milik Kodim 0718/Pati dengan luas lahan 5000 meter persegi.

Adapun varietas Inpari 32 tersebut, menempati sawah milik Suwaji dari Kelompok Tani Mulyo Subur, Desa Jatimulyo.

Dalam pengelolaan Demplot, terang Kapten Cba Kistono dilakukan oleh Kodim Pati mulai dari proses pembibitan dan penanaman padi yang dimulai sejak tanggal 11 April.

“Dan akhirnya hari ini dilaksanakan panen padi yang dihadiri oleh Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan,” imbuhnya.

Disebutnya, Demplot yang dikelola oleh Kodim Pati tersebut dalam rangka mewujudkan binter dalam pemulihan ekonomi dan reformasi melalui pembinaan ketahanan pangan di wilayah.

“Demplot padi yang kita kelola ini sudah mencapai umur untuk dipanen, yakni sekitar 110 hari mulai dari proses pembibitan, hingga panen yang kita laksanakan hari ini. Alhamdulillah dengan pengairan sumur bor yang ada di area persawahan dapat mencukupi kebutuhan tanaman padi sehingga hasil panen cukup bagus,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.