Sinergitas Kodim 0718 Bersama Dinas Kominfo Pati Dalam Sosialisasikan Menangkal Informasi Hoax

PATI-Mondes.co.id| Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat selain membawa dampak positif, ternyata juga membawa dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang cukup meresahkan adalah munculnya informasi palsu atau lebih popular dikenal dengan istilah “hoax”.

Untuk itu Kodim 0718 Pati telah melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang Bahaya Hoax, dengan nara sumber Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati, Endah Murwaningrum.

Bertempat di Balai Desa Sukorukun Kec Jaken, Selasa, 13 Juli 2021, acara ini merupakan Kegiatan Non Fisik TMMD Reguler ke 111 dengan Tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

Pada kesempatan ini, Endah menjelaskan bahwa Fenomena hoax semakin merajalela di dunia maya dan dengan mudahnya penyebaran informasi melalui media sosial sehingga dapat menimbulkan beragam opini masyarakat. Penyebaran berita hoax juga mampu membawa pada kerancuan informasi dan kehebohan publik akan suatu informasi, bahkan dapat juga berakibat pada perpecahan suatu bangsa.

Endah juga menambahkan Jangan mudah percaya dengan foto atau video yang beredar di era teknologi digital sekarang ini, manipulasi terjadi tidak hanya pada narasi teks. Konten lain seperti foto dan video juga sangat mudah dimanipulasi. Pembuat hoax bisa saja mengedit foto dan video untuk memprovokasi pembaca.

“Orang yang ahli dalam melakukan editing akan mampu membuat hasil editan yang sulit lagi dibedakan keasliannya oleh orang awam. Itulah sebabnya kita harus berhati-hati dengan foto atau video yang beredar, terlebih di dunia maya,” terangnya.

Jadi seharusnya memang seluruh warga masyarakat harus kompak, bersatu padu dalam mensosialisasikan bahaya hoax ini kepada masyarakat luas.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Pati ini juga mengucapkan terimakasih kepada Pihak Kodim 0718 yang telah memberikan kesempatan kepada Diskominfo Pati untuk dapat mengedukasi masyarakat Pati untuk lebih bijak bermedia sosial dan menggunakan internet.

(*/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.