selamat hari bhayangkara ke 78

Pesta Rakyat Desa Pekalongan, Rangkaian Acara Dihelat Meriahkan Sedekah Bumi 

waktu baca 2 menit
Kamis, 13 Jun 2024 19:24 0 522 Singgih TN

PATI – Mondes.co.id | Desa Pekalongan, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati telah menggelar rangkaian sedekah bumi di bulan Apit ini.

Bahkan serangkaian acara itu dimulai sejak 27 Mei sampai 12 Juni 2024.

Kegiatan tersebut ialah Sedekah Bumi Haul Ki Ageng Rante Kencono Wulung 2024.

Acara sedekah bumi tersebut digelar untuk mempererat tali silaturahmi antar warga Desa Pekalongan, serta menambah rasa syukur terhadap hasil bumi setempat.

Berbagai kegiatan pun dilangsungkan, mulai dari lomba voli antar RT, Kencana Wulung Cup, lomba Adipura Kencana & pengajian akbar, kegiatan tahlil bersama Pemerintah Desa (Pemdes), hajatan masyarakat, karnaval budaya, pasar rakyat & festival rumah adat, kemah budaya, lomba srawung masyarakat, fashion show, pentas seni, dan malam tirakatan.

“Semua elemen masyarakat Desa Pekalongan terlibat, tentunya acara ini menambah rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemakmuran dan kesejahteraan terhadap bumi Pekalongan, Winong, Pati,” ungkap panitia kegiatan tersebut, Muhammad Rizqy Ady Syahputra kepada Mondes saat acara berakhir pada Kamis (13/6/2024) dini hari.

Rizqy menambahkan, antusias warga Desa Pekalongan tinggi, dibuktikan dengan kreatifitas mereka membuat rumah adat yang menjadi salah satu perayaan sedekah bumi tersebut.

Ia mengaku, padatnya agenda serangkaian sedekah bumi, menguras tenaga dan pikiran panitia yang sangat bekerja keras di momen itu.

“Antusias warga di Kecamatan Winong sangatlah tinggi. Dengan support semua acara, mereka selalu hadir di semua acara yang diselenggarakan tim panitia. Terbuktinya setiap RT membuat rumah adat yang ditempatkan di area Kencana Resto & Garden,” ucapnya.

Baca Juga:  Peduli Dhuafa, Polresta Pati Bagikan Ratusan Paket Sembako

Kegiatan tersebut bertema “Ngerekso Adab, Yoso Omah Kencono”. Acara berlangsung di berbagai tempat.

“Hajatan di Makam Toro Mbah Rante Kencana Wulung, turnamen bola voli di lapangan bola voli Desa Pskalongan, turnamen SSB Kencana Wulung Cup di lapangan sepak bola Desa Pekalongan, pasar rakyat di Kencana Resto & Garden, lomba fashion show di Kencana Resto & Garden, pentas seni di Kencana Resto & Garden, kemah budaya di Kencana resto & Garden, karnaval tikum di lapangan sepakbola Desa Pekalongan sampai finish di pertigaan Pasar Winong, berjanjen di mushola Makam Toro, tahlil bersama masyarakat Desa Pekalongan di Makam Toro, sholawatan di lapangan sepak bola Desa Pekalongan,” tutup pria yang merupakan koordinator lomba fashion show tersebut.

Editor: Mila Candra

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini