selamat hari bhayangkara ke 78

Panitia Pemilihan Seleksi Perangkat Desa Sukorejo Diduga Ada Settingan Kades

waktu baca 2 menit
Senin, 21 Jun 2021 12:31 0 316 mondes

REMBANG-Mondes.co.id| Pembentukan pemilihan panitia, penerimaan dan seleksi calon perangkat desa di Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang Jawa tengah diduga ada indikasi setingan dari Kepala Desa.

Rapat koordinasi diselenggarakan di Balai Desa Sukorejo pada hari Senin 21 Juni 2021, di hadiri oleh para calon, Perangkat, BPD, RW, RT, Tokoh Masyarakat dan dari Pemerintah Desa Sukorejo.

Dalam acara tersebut, salah satu panitia menjelaskan untuk tahapan pertama yaitu penerimaan pendaftaran calon perangkat desa akan berakhir pada hari ini Senin (21/06/2021). Apabila sampai batas waktu yang telah di sepakati dan ditentukan tidak ada pendaftar lagi maka pendaftaran ditutup .

Salah satu tokoh dari masyarakat Desa Sukorejo, Sadi, menanyakan dan menduga bahwa panitia yang dibentuk terindikasi sudah disetting oleh Kepala Desa.

“Karena dalam proses pembentukan dan pemilihannya, Kades sudah menentukan 5 orang yang diusulkan untuk menjadi panitia. Sedangkan masyarakat tidak menentukan atau memilih sendiri dengan menyebut nama- nama yang dinilai mampu dan mau untuk menjadi panitia, dan kenapa proses seleksi dipihak ke- tigakan dari luar kota”, tanya Sadi.

Pertanyaan tersebut di jawab oleh perwakilan BPD, bahwa pada awalnya setelah Kades menyebut nama untuk dijadikan panitia masyarakay semuanya diam, sehingga ketentuan dikembalikan oleh BPD.

“Ketika BPD menanyakan kembali kepada masyarakat, bagaimana apakah ada usulan lagi siapa yang jadi Panitia, masyarakat diam”, ujar perwakilan BPD.

Lanjut perwakilan BPD, masyarakat masih tidak ada jawaban, sehingga nama yang diusulkan oleh Kepala Desa diputuskan untuk disahkan menjadi Panitia. Mengenai panitia dipihak ketiga kan adalah untuk menjaga netralitas dari panitia.

Baca Juga:  Hadiri Muskab PWRI, Bupati Harapkan Eksistensi Purnabakti di Tengah Masyarakat

Mendengar jawaban dari ketua BPD, Sadi sebagai perwakilan dari tokoh masyarakat merasa tidak puas ,oleh panitia disarankan untuk bertanya kepada pihak kantor kecamatan Sumber. Oleh karena pihak kecamatan turut menghadiri acara pembentukan panitia tersebut.

(Aman/Mondes)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini