Masyarakat Desa Diminta Terlibat Dalam G20 Tahun Ini

JEMBRANA – Mondes.co.id | Budi Arie Setiadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes) mengajak seluruh masyarakat desa untuk terlibat dalam G20 yang rencananya akan dilaksanakan di Indonesia sebelum 2022 berakhir.

Ia menyampaikan hal tersebut secara optimis dalam kunjungan kerja ke desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Pada Sabtu, (26/2/2022).

Pasalnya tiga isu global penting yang diusung dalam forum utama kerja sama ekonomi internasional tersebut berkaitan erat dengan masyarakat desa.

“Tahun ini Indonesia menjadi presidensi G20. Ada isu penting yang menjadi pembicaraan masyarakat global. Pertama ekosistem digital. Desa digital masuk dalam hal ini. Makanya kita harus dorong desa digital. Basis pertamanya ya website desa. Setelah itu baru kita ngomong e-commerce, emarket, dan e e yang laen. Si Permendesa sudah diatur bahwa anggaran Dana Desa boleh dipakai untuk desa digital. Membangun website desa. Saya akan usul ada lomba website desa terbaik untuk seluruh Indonesia,” ujar Wamendes Budi Arie Setiadi.

Indonesia menjadi presidensi G20 untuk kali pertama sejak forum tersebut didirikan pada 1999. Selain digitalisasi, ada green ekonomi dan keuangan inklusif yang diyakini Budi Arie dapat melibatkan masyarakat desa.

“Kedua green economy. Ini kan energi bersih ramah lingkungan. Bali sebagai daerah wisata perlu memikirkan energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Ini isu global tapi desa harus terlibat,” terangnya.

“Tiga adalah keuangan inklusif. Setiap warga desa siapapun bisa mengakses sumber pembiayaan, akses keuangan tanpa diskriminasi. Masuknya ke korporasi ekonomi, dalam hal ini bisa dimasukkan ke BUM Desa,” sambung Wamendes Budi Arie.

Dalam kunjungan kali ini, Wamendes Budi Arie didampingi istri sekaligus penasihat DWP, Zara Murzandina. Hadir pula Kepala Balai Latihan Masyarakat Denpasar, Semuel Thanelab Sine, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, Kadis PMD Jembrana I Gede Sudjana.

Masing-masing stakeholder tersebut sepakat bahwa pesan Wamendes Budi Arie dapat direalisasikan di Indonesia, khususnya Bali.

[Sekab RI]

(**/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.