Kunjungi Trenggalek, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tugu

TRENGGALEK-Mondes.co.id| Setelah menunggu sekian waktu, akhirnya Bendungan Tugu yang berada di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek dinyatakan selesai pembangunannya. Menandai mulai difungsikannya salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di kota kripik tempe tersebut, Presiden Joko Widodo secara langsung datang untuk meresmikan itu, Selasa (30/11/2021). Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat bersyukur dengan penambahan infrastruktur besar berupa dua Bendungan di wilayah Jawa Timur hari ini. Yaitu, Bendungan Tugu di Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro yang secara virtual juga diresmikannya.

“Diharapkan, keberadaan dua bendungan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Jawa Timur. Sebab, selain pencegah banjir manfaat bendungan juga sebagai pemasok ketersediaan air bagi irigasi pertanian, destinasi wisata, energi alternatif dan lainnya,” kata presiden.

Mendukung statement itu, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat mendampingi presiden juga menambahkan jika dibeberapa titik wilayah Trenggalek hingga kini masih sering mengalami banjir. Sehingga, dengan adanya Bendungan Tugu akan mampu menjadi salah satu solusi dalam mereduksinya (banjir). Keberadaan bendungan, juga berpotensi menambah area lahan persawahan ketika debit air dan kecukupan distribusi airnya dimaksimalkan. Kemudian, dari Bendungan Tugu ini juga akan menambah potensi wisata yang ada di Trenggalek.

“Tentunya, ini akan menjadi ‘point off view’ yang cukup menarik. Karena melintang atau berada di kawasan jalan nasional antara Tulungagung, Trenggalek dan Ponorogo. Apalagi pemerintah juga telah membangunkan rest area yang mendukung bangunan bendungan itu,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut bupati muda yang akrab disapa Mas Ipin tersebut, peluang kepariwisataan pun kedepan akan digalakkan pula di sana. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di lingkungan sekitarpun di pastikan ikut terdongkrak. Pasalnya, semua merupakan siklus perekonomian yang saling berkaitan.

“Dari beroperasinya Bendungan Tugu, UMKM masyarakat sekitar pasti akan mendapatkan berkah juga. Ini harus kita jadikan momentum kebangkitan perekonomian Trenggalek,” imbuh Gus Ipin.

Menurut dia, guna merealisasikan hal itu, pemerintah daerah akan terus berkoordinasi dengan pihak Provinsi Jatim. Karena, yang mengelola aset di anjungan cerdas ini adalah pemerintah provinsi. Tentu, ” Kami akan bersinergi dengan pemerintah provinsi untuk bisa memanfaatkan ini dengan baik. Diusahakan, masyarakat Trenggalek menjadi prioritas untuk bisa terlibat dalam proses ekonomi di sana,” tandasnya.

(Heru/mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.