34 Satker Kanwil Kemenkumham Jateng Berkomitmen Capai Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

SEMARANG-Mondes.co.id| Sistem pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, adalah simbol pelayanan yang selalu diidam-idamkan oleh jajaran satker yang bernaung di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Hal itu menyusul sebagai bentuk penguatan untuk menjaga komitmen dalam menghadapi Tim Penilai Nasional yang diberikan oleh Pimpinan Tinggi Inspektorat Jenderal Kemenkumham secara virtual.

“Ini merupakan representasi dan target capaian dari Pembangunan Zona Integritas yang saat ini gencar dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Jateng, dan untuk membangun Zona Integritas itu hakekat sesungguhnya adalah untuk berkinerja tinggi yang zero penyimpangan, zero penyelewengan dan zero complaint,” ungkap.

Inspektur Jendral Razillu saat memberikan paparan kepada 477 Satuan Kerja di seluruh Indonesia selasa (10/8/2021).

Menurutnya, Segala benyuk penyimpangan, penyelewengan, penyalahgunaan kewenangan harus dihapuskan, sehingga tidak merusak pembangunan zona integritas,

“Pada momen hari Kemerdekaan Republik Indonesia, maka pastikan Bapak Ibu bahwa jiwa-jiwa penerima pelayanan kita harus merdeka dari segala kezholiman dan penyimpangan yang dilakukan oleh oknum di Satuan Kerja masing-masing, pastikan juga harus merdeka dari keserakahan, sehingga kita tidak melakukan penyimpangan dan penyelewengan,” ungkapnya.

Meski begitu, Kata Irjen, untuk membangun integritas adalah kewajiban bukan hanya sekedar ingin mendapatkan predikat. Bahwa Zona Integritas adalah hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima pelayanan terbaik tanpa harus memberikan konpensasi apapun kepada ASN.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin yang mengikuti kegiatan dari aula Kantor Wilayah mengharapkan agar 35 satuan kerja segera berbenah melaksanakan rekomendasi Inspektorat Jenderal selaku Tim Penilai Internal.

“Segera lakukan langkah-langkah untuk melaksanakan rekomendasi dan arahan Inspektur Jenderal dan para Inspektur, agar ketika penilaian dilakukan oleh Tim Penilai Nasional (TPN), Satuan Kerja sudah terlebih dahulu melakukan perbaikan-perbaikan dan internalisasi Pembangunan Zona Integritas,” jelasnya.

Sementara Kepala Lapas Kelas IIB Pati Febie Dwi Hartanto menambahkan bahwa dari 477 Satker, salah satunya ia tegaskan akan selalu menjaga WBK dan WBBM tahun 2021, dan akan selalu berkomitmen untuk memerdekakan pelayanan.

Hal yang akan dilakukan yakni,  menghapuskan segala bentuk penyimpangan, penyelewengan dan penyelah gunaan kewenangan, yang berakibat merusak pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM. Selain itu meningkatkan kualitas pelayanan seraya memperkuat rasa cinta dan bangga melayani stakeholder dengan sepenuh hati.

Febie juga akan selalu menerapkan sistem role model dalam karakter dan perilaku, maupun kompetensi, dan akan terus menjaga agar tidak terdapat kejadian atau pemberitaan negativ yang viral dan dapat mengganggu upaya pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM, melakukan perbaikan dengan penuh tanggung jawab dan terhadap rekomendasi yang diberikan tim penilai internal, serta selalu optimis dan yakin pasti meraih WBK/WBBM.

“Kita juga senantiasa berdoa, dan berserah diri sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tambahnya.

Selain Kantor Wilayah, di Jawa Tengah ada 34 Satuan Kerja yang juga mengikuti kegiatan tersebut.

Sebagai informasi, 35 Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng telah dinyatakan lulus tahapan awal Pembangunan Zona Integritas, yaitu evaluasi Tim Penilai Internal.

Selanjutnya, Satuan Kerja tersebut akan menghadapi evaluasi yang akan dilakukan oleh Tim Penilai Nasional yang terdiri dari unsur Kemenpan RB, Ombudsman RI dan KPK.

Bila berhasil dalam Pembangunan Zona Integritas, Satuan Kerja akan mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.
Dari Kanwil Jawa Tengah, kegiatan penguatan pembangunan zona integritas diikuti jajaran Pimti Pratama dan Pokja Pembangunan ZI, serta para Kepala Satker dan Pokja se Jawa Tengah.

[Hms]

(Hdr/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.