selamat hari bhayangkara ke 78

Permudah Aktivitas, Pemerintah Targetkan Pengguna IKD Capai 30 Persen

waktu baca 1 menit
Rabu, 19 Jun 2024 15:21 0 111 Vindi Agil

PATI-Mondes.co.id | Pemerintah menargetkan pengguna Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Indonesia mencapai 30 persen pada tahun 2024 ini.

Sutikno Edi, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati menerangkan, sebenarnya target tersebut sudah ditetapkan sejak tahun 2023.

Akan tetapi, dengan target sebesar itu, belum ada satu kota pun di Indonesia yang mampu memenuhi kuota yang diberikan pemerintah.

“Kalau masalah IKD begini, pada tahun 2023 kemarin, target nasional itu sebesar 30 persen. Tapi capaian secara nasional saat ini belum ada satu kota pun yang mencapai target tersebut,” ujar Sutikno, Rabu (19/6/2024).

Dikatakannya, jika IKD ini sebetulnya bisa mempermudah aktivitas masyarakat Indonesia, karena hanya dalam satu genggaman di dalam Handphone.

Misalkan bepergian keluar kota dengan menggunakan pesawat terbang ataupun kereta api, masyarakat bisa langsung menunjukan IKD yang sudah terinstal.

“IKD ini memang ditujukan untuk mempermudah masyarakat di era digitalisasi seperti saat ini, kemana pun hanya di satu genggaman melalui gadget kita,” jelasnya.

Sutikno akan terus berupaya mensosialisasikan IKD kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Pati. Sehingga target yang ditetapkan pemerintah bisa terpenuhi.

“Saya berharap, IKD ini terus dipergunakan oleh masyarakat, sehingga program pemerintah bisa tercapai target secara nasional,” tutupnya.

Editor: Mila Candra

Baca Juga:  Hadiri Musrenbang, DPRD Bahas Pembangunan Jalan Hingga Persiapan Porprov

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini