Pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Rembang Periode 2022-2025 Dikukuhkan

waktu baca 3 menit
Kamis, 13 Jan 2022 06:35 0 6 mondes

REMBANG-Mondes.co.id| Pelantikan dan pengukuhan pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Rembang periode tahun 2022-2025 telah dikukuhkan. Pelantikan dipimpin oleh Kapolres Rembang AKBP Dandi Ario Yustiawan S.I.K, Bertempat di Aula Mapolres lantai 2, Kamis (13/01/2022)

Acara pelantikan dan pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh Ketua POKDAR Jawa tengah, Lukman Muhajir SH MH, Pembina POKDAR, Para Penasehat, Wakapolres, Kasat Binmas, Kasat Intelkam, Kasat Lantas dan jajarannya.

Dalam sambutan Kapolres Rembang, AKBP Dandi Ario Yustiawan S.I.K, menyampaikan, bahwa Polri telah membentuk kelompok sadar kamtibmas yang telah dituangkan dalam aturan keputusan Kapolri, tentang pengukuhan dan pembinaan kelompok sadar kamtibmas.

Dengan visi menjadi sahabat, dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum, dan mencegah tangkal gangguan kamtibmas.

“Pokdar Kamtibmas hadir ditengah masyarakat, untuk memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran kamtibmas, membangun komunikasi dengan efektif dan instensif, dengan masyarakat kelompok atau komunitas”, papar Kapolres.

Lebih Lanjut Pokdar Kamtibmas mesti membangun dan mengembangkan kemitraan denfansif segenap komunitas dalam memilihara setuasi kamtibmas, dan partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini, terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas.

“Sebagai kelompok sadar kamtibmas bisa membantu Program-Program kegiatan Pemerintah ataupun Polri untuk bisa menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.” Tegas Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres berharap dengan Pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara, untuk dapat mengajak masyarakat lain dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Kapolres menyadari bahwa anggota Polri punya keterbatasan didalam pelaksanaan tugas khususnya untuk bisa mengajak masyarakat untuk memilihara setuasi dan kondisi yang kondusif, walaupun Polri punya Bhabinkamtibmas dan dibantu oleh rekan Babinsa dari TNI.

Maka dari itu, Kepolisian berharap dengan terbentuknya kelompok-kelompok sadar kamtibmas (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara, bisa membantu Polri dalam mengingatkan dan mengajak masyarakat lainnya, tidak hanya terpaku pada tugasnya Bhabinkamtibmas ataupun Babinsa.

Makin banyak masyarakat yang mengajak masyarakat lain untuk mengajak berbuat positif dalam menciptakan setuasi kamtibmas, yang tentunya ini akan berpengaruh kepada situasi wilayah khususnya Kabupaten Rembang.

Hal ini dilakukan adalah semata-mata untuk kepentingan masyarakat dan bukan kepentingan kelompok sadar kamtibmas, bukan kepentingan Polri/TNI maupun Pemerintah, tapi kepentingan kita bersama seluruh masyarakat Rembang.

Sementara itu Dalam sambutan Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Jawa Tengah, Lukman Muhajir SH MH., mengucapkan terima kasih kepada Kapolres beserta jajaran yang mewujudkan acara pelantikan sekaligus pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara daerah Rembang, sebagai wujud pembinaan pada Organisasi.

Bahwa pada hakikatnya Organisasi ini adalah mitra Polri dan Pemerintah, pada umumnya sebagai ujung tombak fungsi preventif Kepolisian di masyarakat. Sedangkan Polri sebagai Organisasi Negara atau Pemerintah, yang dimana keduanya harus bersatu padu bersama-sama membina masyarakat menjadi negeri yang selaras antara kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya.

“Organisasi ini dalam kegiatannya selalu menjadi pohon dengan segala daya upaya, yang terencana serta sismatis dalam menyiapkan, membentuk serta membina masyarakat agar peduli kamtibmas,” terang Lukman.

Sementara Ketua terpilih Pokdarkamtibmas Kabupaten Rembang, Rahmad Hidayat S Sos juga berharap, untuk dapat membina dan mengurus anggota Pokdarkamtibmas dari tingkat, Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa, agar bermanfaat.

Terus berpartisipasi aktif dalam membantu Pemerintah daerah dalam memilihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menciptakan lingkungan yang aman dan tentram.

“Untuk membantu tugas Polri dalam mengurus Daerah Rembang ini adalah menyiapkan Pokdarkamtibmas sebagai pendamping bagi petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang berada disetiap desa atau kelurahan. dan satu pesan saya agar POKDAR ini jangan sampai disangkut pautkan dengan politik,” imbuhnya.

Kasat Binmas Iptu S Diyanto, berharap orang-orang yang baik jangan diam, dan memohon untuk nama nama anggota POKDAR untuk bisa dibuatkan group whatsapp demi memudahkan komunikasi antar anggota,” ujarnya.

(Handoko/Mondes)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *