Dorong Partisipasi Publik, Polsek Munjungan Distribusikan Bantuan Semen Untuk Bangun Masjid

waktu baca 3 menit
Sabtu, 12 Mar 2022 08:25 0 2 mondes

TRENGGALEK – Mondes.co.id | Dalam upaya menjaga Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang tetap kondusif, polisi tak dapat bekerja sendiri. Partisipasi, pelibatan dan dukungan masyarakat tentu sangat diperlukan. Keterlibatan masyarakat secara mandiri ini sangat positif dalam pengelolaan Kamtibmas yang kondusif khususnya di kewilayahan.

Guna mendorong partisipasi publik, Kepolisian pun kerap melakukan kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan. Baik dengan pemberian bantuan sosial kepada warga tak mampu maupun dengan mendukung pembangun fasilitas umum lainnya.

Sebagaimana yang dilakukan oleh jajaran Polsek Munjungan, Kabupaten Trenggalek kali ini. Ditengah rutinitas mengemban amanah undang-undang dalam memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), sekaligus juga mendukung akselerasi penanganan penyebaran Covid-19. Para abdi negara dari Korp Bhayangkara tersebut masih menyempatkan diri ikut membantu pembangunan salah satu tempat ibadah. Yakni, Masjid Al Muhajirin di Desa Bangun pada Sabtu, (12/3/2022).

Bahu-membahu, sejumlah personel anggota Polsek Munjungan dengan menggunakan kendaraan dinas mengirimkan bantuan berupa puluhan sak semen ke lokasi pembangunan. Dipimpin langsung oleh Kapolsek Munjungan,. AKP Kaelani, S.Sos tanpa kenal lelah semen-semen tersebut diangkat ke tempat sasaran.

Menurut Kapolsek, kegiatan ini sebenarnya memang murni inisiasi dari Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputra agar seluruh jajarannya benar-benar punya empati serta kepedulian kepada aktivitas masyarakat ditiap wilayah masing-masing. Sehingga, tiap-tiap Polsek tinggal menjalankan serta mengembangkan program tersebut sesuai situasi dan kondisi dilapangan.

“Jadi, tiap Bhabinkamtibmas yang ada di akan menginformasikan kegiatan-kegiatan di masing-masing desa. Kemudian, kita kompulir dan diskusikan bersama apa yang perlu dilakukan atau apa yang bisa kita bantu. Dari situ kemudian disepakati, entah itu material ataupun tenaga,” ungkapnya.

Seperti contoh, lanjut dia, pada pembangunan Masjid Al Muhajirin di Desa Bangun. Selain bantuan tenaga, Polsek Munjungan juga mengirimkan beberapa sak semen sesuai keperluan.

“Ini merupakan bagian dari upaya mendekatkan diri dengan masyarakat. Muaranya adalah terciptanya Kamtibmas yang kondusif,” sambung AKP Kaelani sembari mengangkat semen bersama anggotanya kemudian diserahkan langsung kepada salah satu panitia pembangunan masjid tersebut.

Perwira ramah asli dari Kecamatan Pogalan itu pun menambahkan jika pihaknya tiap hari saat apel pagi secara rutin menggelar program ‘Seru’ atau seribu rupiah sehari. Dalam program seru ini, setiap anggota memberikan sedekah sebagian rezekinya secara sukarela. Hasil yang terkumpul kemudian di gunakan untuk mendukung kegiatan sosial kepada masyarakat. Salah satunya untuk membantu pembangunan masjid tersebut.

“Bersyukur alhamdulillah, selain kita bersedekah sebagai amal sekaligus itu juga sebagai sarana membantu dalam masyarakat. Meski mungkin tak seberapa nilai secara nominal, namun ada ketulusan dan keikhlasan dari anggota Polsek Munjungan didalamnya. Semoga bisa bermanfaat serta membawa keberkahan untuk kita semua,” tandas dia.

(Her/Mondes)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *