Bus Jaya Utama Sruduk Pantat Truk Dump di Jalan Lingkar Selatan Pati


PATI – Mondes.co.id | Polres Pati, Jawa Tengah, jajaran Satlantas masih menyelidiki penyebab Bus Jaya Utama bernopol L 7158 UB menabrak truk dump yang parkir di tepi Jalan Lingkar Pati-Rembang kilometer 36 yang mengakibatkan sejumlah penumpang terluka. Selasa, (24/5/2022).

“Kami masih melakukan penyelidikan dan belum menetapkan tersangka atas kasus kecelakaan tersebut. Akan tetapi, terduga tersangka atas kecelakaan tersebut merupakan sopir bus PO Jaya Utama yang dianggap lalai,” kata Kasat Lantas Polres Pati AKP Adis Dani Garta di Pati.

Menurutnya, dari hasil penyelidikan di tempat kejadian perkara, truk dump pengangkut pasir bernopol H 1569 UE yang dikemudikan Andi parkir karena mengalami kerusakan di tepi jalan. Memang memakan sebagian badan jalan, namun kendaraan masih bisa melintas.

Akan tetapi, imbuh dia, jalannya saat itu tidak ada tikungan sehingga masih bisa dilihat dari jauh ketika ada truk yang parkir, sehingga sopir bus dinilai lalai dalam mengemudi.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan sejumlah penumpang luka ringan dan ada satu penumpang yang mengalami luka parah karena mengalami patah kaki bagian kiri.

Salah satu penumpang selamat, Wakisih mengungkapkan kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 13.30 WIB itu, diduga karena sopir bus melaju terlalu kencang sehingga ketika mengetahui ada truk yang parkir, gagal menghindari tabrakan.

“Ketika hendak menghindari tabrakan ternyata sudah ada truk yang mendahului sehingga akhirnya gagal menyalip dan menabrak truk yang parkir di tepi jalan,” ujarnya.

Sementara, sopir truk dump yang terlibat tabrakan mengakui truknya mengalami kerusakan ban sehingga diparkir di tepi jalan menunggu teknisi untuk dilakukan perbaikan.

Sebelumnya, kata dia, keberadaan truknya itu juga diberi penanda dengan ranting pohon bahwa truknya mengalami kerusakan ban sebelah kiri sehingga harus didongkrak. Akan tetapi, tiba-tiba Bus PO Jaya Utama menabrak truk bagian kanan hingga bergeser  sejauh 3 meteran.

“Kelihatannya bus hendak menyalip, tetapi gagal karena di sisi kanan juga ada kendaraan yang melaju sehingga tabrakan tak terhindarkan. Beruntung saya langsung lompat ke sawah karena khawatir truknya roboh,” ujarnya.

Penumpang bus yang mengalami luka-luka dilarikan ke rumah sakit menggunakan mobil Satlantas Polres Pati dan Polsek Kota Pati. Adapun korban selamat ada yang dijemput anggota keluarganya.

(Ant-Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.