Bantu Percepatan Capaian Vaksinasi Lansia, Polsek Munjungan Gencarkan Pemantauan dan Sosialisasi

TRENGGALEK – Mondes.co.id | Mengingat capaian vaksinasi khususnya untuk para orang lanjut usia (lansia) di Trenggalek yang masih diangka 45 persen maka seluruh unsur berusaha melakukan berbagai strategi.

Pasalnya memang, sasarannya sekarang ini agak sulit sebab sebagian besar masyarakat sudah tervaksinasi. Padahal jika disesuaikan dengan target, asumsi jumlah lansia yang harus divaksinasi minimal 60 persen dari jumlah populasi. Sehingga saat ini masih kurang 15 persen untuk memenuhi angka minimal.

Bertolak akan hal tersebut, stake holder terkait pun terus memaksimalkan upaya dalam membantu progres pencapaian target. Termasuk salah satunya, kosistensi jajaran Polres Trenggalek dalam meningkatkan animo masyarakat agar secara sadar mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan berpartisipasi dalam vaksinasi.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Kapolsek Munjungan, AKP Kaelani bersama anggota demi mendukung akselerasi vaksinasi di wilayahnya. Salah satunya, dengan melakukan pemantauan secara periodik kegiatan vaksin lansia di Pos Yandu Lansia Desa Bangun, Kecamatan Munjungan, Selasa (5/4/2022).

Meski pada bulan puasa Ramadhan, Kapolsek ramah tersebut tetap semangat memberikan himbauan vaksin kepada warga guna mewujudkan Trenggalek yang Sehat dan Aman.

“Saat ini di berbagai daerah di Indonesia menunjukkan tren kenaikan kasus terkonfirmasi Covid-19. Hal ini harus disikapi serius salah satunya adalah dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi baik dosis 1, 2 maupun booster,” sebutnya.

Menurut dia, kesadaran akan penerapan prokes ketat dalam kehidupan sehari-hari maupun kebersediaan untuk divaksin merupakan bagian dari langkah nyata bersama demi percepatan pembentukan ‘herd immunity’. Dengan begitu,

“Secara tidak langsung masyarakat sekaligus telah berkontribusi dalam pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19,” imbuh AKP Kaelani.

Ditambahkannya, untuk hari ini sedikitnya ada puluhan warga yang mau mengikuti vaksinasi. Dan mendukung hal tersebut, pihak Polsek Munjungan tetap bekerjasama dengan Dinas Kesehatan serta unsur terkait lain. Ada beberapa orang tenaga medis dan vaksinator yang dilibatkan.

“Diharapkan, dengan masifnya vaksinasi serta didukung dengan penerapan prokes ketat dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Sehingga kegiatan masyarakat dan pemulihan ekonomi bisa kembali normal seperti sebelumnya,” pungkas perwira dengan tiga balok kuning di pundak tersebut.

(Her/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.