Antisipasi Kebakaran Kapal, Tim Terpadu Maritim Juwana Gelar Demo Alat Damkar


PATI-Mondes.co.id| Tim Terpadu Maritim Juwana menggelar kegiatan antisipasi kebakaran kapal Minggu (30/01/2022) di kawasan dermaga PPI Unit II Bajomulyo Jalan Hang Tuah Kompek TPI Unit II Juwana. Kegiatan ini merupakan bentuk kesiapsiagaan personel.

Para personel mengecek kesiapan mereka dengan menggelar demo pengoperasian alat damkar untuk mengantisipasi peristiwa kebakaran kapal yang bisa terjadi kapanpun.

Kasat Polairud Polres Pati AKP Sutamto mengungkapkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas peristiwa kebakaran kapal di pelabuhan Muara Angke 17 Januari lalu dan peristiwa kebakaran di dermaga pelabuhan niaga Pelindo III Tegal, serta surat edaran Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Juwana terkait antisipasi kebakaran kapal di wilayahnya.

“Apel bersama Tim Terpadu Maritim Juwana dan pengoperasian alat damkar ini untuk mengetahui kesiapan Siagaan Tim Terpadu Maritim Juwana dan peralatan damkar serta meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam penggunaan alat damkar. Untuk mencegah kebakaran kapal serta penanggulangan kebakaran kapal,” ujarnya.

Pihaknya menyebut, dalam antisipasi kebakaran dengan melakukan simulasi pengoperasian alat damkar di alur sungai Silugonggo. Diantaranya satu unit kapal damkar, tiga unit mesin damkar portable, dan tiga unit perahu tambangan.

“Pelabuhan Perikanan Bajomulyo Juwana merupakan pintu gerbang kegiatan perekonomian khususnya sektor perikanan sehingga perlu tercipta keamanan dan keselamatan dari musibah kebakaran kapal,” jelas AKP Sutamto.

Saat ini terpantau kedatangan kapal-kapal dengan alat tangkap Cantrang yang diubah menjadi Jaring Tarik Berkantong (JTB) secara bersamaan, sehingga menambah kepadatan kapal yang melakukan tambat labuh di sepanjang alur sungai Silugonggo Juwana. Dimana hal itu dapat menjadi kerawanan apabila terjadi kebakaran.

Apel kesiapsiagaan ini dihadiri oleh Kasat Polairud Polres Pati, Kasie Humas Polres Pati, Dan Kapal Patroli Ditpolairud Polda Jateng, Dan Pos AL Juwana Serma Supeno beserta anggota, Kasie Opsnal Kesyahbandaran Pelabuhan Perikanan dan Pantai Bajomulyo, Kasie P2TPI (Pengelolaan dan Pengembangan Tempat Pelelangan Ikan) Dinas Kelautan dan Perikanan Pati, Kepala TPI Unit II Bajomulyo, dan perwakilan nahkoda dan pemilik kapal.

[HmsRes Pati]

(Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.