Tingkatkan Kemampuan dan Pengetahuan RSUD Kayen Gelar Pelatihan Sampel Nasofaring

PATI-Mondes.co.id| Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayen mengadakan Pelatihan (In House Training) mengenai cara pengambilan sampel swab Nasofaring untuk pemeriksaan Rapid Test Antigen Covid -19, yang ditujukan bagi semua tenaga kesehatan di lingkungan rumah sakit selama dua hari, tanggal 25 dan 26 Pebruari 2021.

Menurut Direktur RSUD Kayen, Aviani Tritanti Venusia, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi tenaga kesehatan RSUD Kayen khususnya untuk pengambilan swab pada Nasofaring kepada pasien, disisi lain pelatihan ini juga sebagai solusi agar tidak membebankan pengambilan sample swab ini kepada tenaga Analis Laboratorium, karena semua sudah bisa.

“Dengan pelatihan tersebut para tenaga kesehatan mendapat pengetahuan lengkap tentang tahap-tahapan pengerjaan pengambilan sampel mulai dari pengamanan diri pribadi dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), pendataan pasien, persiapan alat dan bahan dan tata cara pengambilan sampel serta cara penyimpanan sampel swab kedalam media transport,” terangnya.

Untuk materi teori dan praktek diberikan oleh dr. Yohanes Beny Indratno, Sp. PK selaku dokter spesialis patologi klinik yang bertanggung jawab di bidang laboratorium dan Ns. Hana Triwanggono, S.Kep, M.Kes selaku petugas IPCN yang bertanggungjawab di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit di RSUD Kayen.

(*/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.