“Pegunungan Kendeng” Menjadi Lahan Empuk Galian C Yang Diduga Ilegal

waktu baca 2 menit
Senin, 6 Jun 2022 12:13 0 73 mondes

PATI – Mondes.co.id | Maraknya Galian C yang diduga ilegal di kawasan Pegunungan Kendeng yang berada tepat di Desa Baleadi, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati hingga kini masih beroperasi. Para penambang diduga keras tidak mengantongi ijin secara lengkap.

Dari data yang di himpun oleh awak media, pada bulan April tahun 2022 lalu, pihak ESDM Balai Kendeng sudah pernah mendatangi Lokasi pertambangan Desa Baleadi. Hal ini atas dasar laporan dari masyarakat Bambang Riyanto dari LBH Mabadi Kota Semarang. Yakni aktivis Lingkungan Hidup, namun hingga kini tak jelas penangananya. Fakta di lapangan hingga kini lokasi galian tersebut masih beroperasi meskipun di duga tak jelas perijinannya.

Sementara, disisi lain terkait Galian C ilegal juga sempat di singgung saat Pers Rilis Mafia Solar di Pati beberapa waktu lalu yang di pimpin Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto soal Galian C di wilayah Pati. Dengan dugaan adanya solar bersubsidi yang dipakai untuk alat berat di Galian C tersebut.

Selain diduga merusak lingkungan, Galian C juga banyak merugikan berbagai kalangan. Insfrastruktur seperti jalan juga rusak parah. Hal ini karena banyaknya kendaraan bermuatan berat melintas membawa material.

Diketahui, tambang ilegal tersebut mempunyai alasan, dirinya enggan membayar pajak karena perijinannya diduga belum lengkap.

Saat dikonfirmasi ke beberapa pihak terkait persoalan tersebut penanggung jawab Galian C dan dinas terkait belum memberikan keterangannya. Awak media masih menunggu klarifikasi dan jawaban terkait hal tersebut.

(Dn/Mondes)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *