PASANG IKLAN DISINI

Peduli Anak, GITJ Mencolo Juwana Gandeng Dinsos P3AKB Cegah Kekerasan 

waktu baca 2 menit
Selasa, 11 Jun 2024 20:13 0 136 Eko Susanto

PATI – Mondes.co.id | Sinar Kasih Gereja Injil di Tanah Jawa (GITJ) Mencolo, Desa Karangrejo, Kecamatan Juwana menggelar penyuluhan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Anak pada hari ini, Selasa (11/6/2024).

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Pati, turut hadir sebagai narasumber.

Sejumlah 80 jemaat menghadiri acara tersebut, diawali dengan melantunkan doa kerohanian.

Selanjutnya Koordinator Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPPA), Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Pati, Anggia Widiari, dalam dialognya ia menyampaikan terkait perihal yang terjadi saat anak mengalami kekerasan.

“Tanda kekerasan akan berdampak pada anak meliputi perubahan fisik, perubahan emosi, perubahan interaksi sosial, perubahan perilaku, dan perubahan konsep diri,” ungkapnya.

Lanjutnya, ia pun mengingatkan orang tua, agar bisa menjalin kedekatan hubungan dengan anak.

“Kita harus menjadi sahabat anak, jangan sampai anak-anak itu mencari kasih sayang di luar, jadi orang tua itu harus paham dengan kebutuhan sesuai usia anak, apalagi ketika anak sudah memasuki usia remaja,” lanjutnya.

Ketika anak memasuki usia remaja, kehidupan sosial anak akan semakin luas, semakin mudah baginya mendapatkan teman dan pergaulan baru.

“Bisa jadi gaya pergaulan yang salah memberikan pengaruh negatif pada cara anak bersikap, salah satu dampak pergaulan yang perlu diwaspadai adalah perilaku tawuran pelajar,” tambahnya menerangkan.

Di Indonesia sudah banyak kasus tawuran pelajar yang terjadi antar sekolah. Biasanya tawuran yang terjadi antar pelajar disebabkan oleh konflik kecil yang kemudian berkembang menjadi ketegangan kelompok.

Baca Juga:  Siang Ngemis di Pati, Malam Mangku Purel, Netizen: Karir Hancur!

“Apalagi baru-baru ini ada kasus perkelahian anak di Kabupaten Pati. Jadi kasus perkelahian di Sukolilo kemarin yang sampai menimbulkan korban,” Tandasnya.

Untuk itu, penting agar para orang tua, lebih memperhatikan dan menjaga kedekatan hubungan dengan anak, supaya lebih memahami dunia anak secara dini.

“Harapannya nanti di lingkungan GTIJ Sinar Kasih Mencolo Juwana, tidak ada kekerasan anak dan kekerasan perempuan,” tutupnya.

Editor: Mila Candra

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini