Operasi Lilin Candi 2021, Petugas Gabungan di Perbatasan Cepu Jatim Gelar Swab Antigen Pengendara Yang Melintas

BLORA-Mondes.co.id| Untuk menekan lonjakan Covid-19 menjelang perayaan Tahun Baru 2022, Petugas gabungan Polres Blora, Kodim 0721, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Tim Tenaga Medis yang bertugas Di Pos Pelayanan Terpadu Ketapang Cepu Operasi Lilin Candi 2021, melakukan Swab Antigen kepada pengendara yang melintas di perbatasan Cepu – Jawa Timur.

Pengecekan dilakukan kepada pengemudi dan penumpang yang akan masuk wilayah kecamatan Cepu melalui jalur Ketapang. Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK melalui Kasat Lantas AKP Edi Sukamto,SH,MH menyampaikan bahwa Swab Antigen ini dilakukan secara acak oleh petugas gabungan. Dengan tujuan utama untuk memantau mobilitas masyarakat yang masuk dan keluar Kabupaten Blora. Selain itu, petugas juga melakukan pengecekan surat vaksin ataupun aplikasi peduli lindungi bagi warga yang melintas.

“Swab Antigen kita lakukan untuk antisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memonitor mobilitas warga yang melintas diperbatasan,” kata Kasat Lantas Polres Blora, Rabu, (29/12/2021).

Berdasarkan data dilapangan warga yang melintas didominasi oleh warga lokal, ataupun warga yang berdomisili disekitar perbatasan yang lalu lalang untuk aktifitas sehari hari di perbatasan kecamatan Cepu dan Kecamatan Padangan.

“Sampai saat ini situasi aman dan kondusif, untuk lonjakan pemudik tahun baru juga belum kelihatan. Namun demikian petugas diperbatasan selalu siap siaga,” tandas Kasat Lantas.

Untuk diketahui dalam kegiatan Operasi Lilin Candi 2021, Polres Blora mendirikan 5 Pos, yaitu Pos Pelayanan Terpadu Di Perbatasan Ketapang Cepu, Pos Pelayanan Terpadu Di Alun Alun Blora, Pos Pengamanan Gereja Bethany Blora, Pos Pengamanan Gereja Katholik Santo Pius Blora dan Pos Pengamanan Gereja St Willibrodus di kecamatan Cepu.

Selain kegiatan antisipasi diperbatasan, Polres Blora juga memberdayakan anggotanya terutama Bhabinkamtibmas untuk melakukan pendataan pemudik ataupun warga pendatang yang masuk kabupaten Blora menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022. Dengan tujuan untuk mencegah munculnya gelombang ke 3 Covid-19.

(Hdr/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.