Nguri – nguri Tradisi Saat Lebaran, Keluarga Besar Bani Andjar Soegiharto Lakukan Hal Ini


PATI – Mondes.co.id | Indahnya merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022 Masehi, dirasakan keluarga besar Bani Andjar Soegiharto dengan penuh bahagia. Dimana saat lebaran tiba keluarga besar ini berkumpul melaksanakan tradisi sungkeman guna saling memaafkan.

Perayaan idul fitri, digelar disebuah rumah keprabon yang beralamatkan di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Perayaan ini mengingatkan semua keluarga agar menjalin silaturahmi dengan memanfaatkan rumah peninggalan orang tua keturunan Bani Andjar Soegiharto.

“Momen disaat lebaran selalu ada tradisi sungkeman di keluarga besar kami. Semua keturunan dari Bani Andjar Soegiharto berkumpul mulai anak, cucu, hingga cicit melaksanakan sungkeman saling memaafkan satu dengan lainnya,” ungkap Wasis Handayani yang secara kebetulan sebagai tuan rumah. Senin, (02/5/2022).

Menurutnya, apa yang dilakukan setiap kali lebaran sebagai bentuk guna menyambung tali silaturahmi seluruh keluarga besar ini. Hal itu dilakukan agar keturunan Bani Andjar Sorgiharto tetap utuh terjaga kerukunan dan terjalin persaudaraan yang erat.

“Ini merupakan tradisi nguri – nguri menyambung silaturahmi setiap lebaran tiba dengan bersungkeman saling memaafkan. Sungkeman dimulai dari umur yang tertua hingga yang termuda secara urut. Tradisi ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu saat orang tua masih ada, dan dilanjutkan bagi – bagi wisit dan foto bersama,” ujarnya.

Saat ini Bani Andjar mempunyai keturunan hingga 55 orang, dimana terhitung mulai dari anak, cucu, dan cicit. Lebaran kali ini ramai bisa berkumpul semua walau ada beberapa yang tidak bisa datang karena jauh.

“Tentu sangat bersyukur Alhamdulillah sejak adanya pandemi melanda selama dua lebaran, kali ini kita bisa berkumpul lagi. Semua bisa mudik, walau ada beberapa keluarga belum bisa berkumpul saat lebaran tahun ini. Namun keceriaan keluarga kita tetap terjalin,” paparnya.

(Dn/Mondes)

One thought on “Nguri – nguri Tradisi Saat Lebaran, Keluarga Besar Bani Andjar Soegiharto Lakukan Hal Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.