PASANG IKLAN DISINI

Mengenal Lebih Dekat Olivia Maharani, Sang Ketua Forum Anak Kabupaten Pati

waktu baca 4 menit
Sabtu, 25 Mei 2024 15:54 1 262 Singgih TN

PATI – Mondes.co.id | Tak henti-hentinya Kabupaten Pati memunculkan pemuda/pemudi potensial dalam hal kepemimpinan. Salah satu sosok muda itu ialah Olivia Maharani (16), yang merupakan nahkoda baru Forum Anak Kabupaten Pati.

Dengan kompetensi yang dimilikinya, perempuan kelahiran Pati, 15 Februari 2008 itu terpilih menjadi Ketua Forum Anak Kabupaten Pati periode 2024-2026. Ia melanjutkan estafet kepemimpinan Forum Anak Kabupaten Pati dengan mengemban tanggung jawab menjembatani informasi antara pemerintah dan anak-anak. Serta menjadi mediator pelayanan hak-hak bagi anak di Kabupaten Pati.

“Awalnya saya ikut rekrutmen Forum Anak Kabupaten Pati, lalu seleksi administrasi dan tertulis. Kemudian ketika pengukuhan dan pembentukan pengurus, saya terpilih melalui voting,” ungkap perempuan yang biasa dipanggil Oliv.

“Motivasi saya ingin menyebarluaskan informasi kepada anak-anak, khususnya di Kabupaten Pati. Dan ingin membantu sebagai jembatan antara pemerintah dan anak-anak untuk meminimalisir problem yang terjadi pada anak,” imbuhnya ketika diwawancarai Mondes.co.id, belum lama ini.

Oliv menyampaikan bahwa akan menjalani amanah dengan penuh tanggung jawab. Berbagai agenda yang dipersiapkan antara lain FAGTS (Forum Anak Goes To School), perayaan Hari Anak Nasional, serta kolaborasi dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Pati. Fokusnya tertuju pada upaya mengimplementasikan hak-hak anak di Bumi Mina Tani.

“Tentu kami akan adakan kegiatan yang bermanfaat bagi anak, seperti FAGTS ke sekolah-sekolah di Pati, perayaan Hari Anak Nasional dengan kemasan CFD (Car Free Day), kerja sama dengan Dinsos P3AKB, serta kegiatan sosial lainnya untuk anak-anak, serta disabilitas,” ucapnya.

Baca Juga:  Kehadiran Usaha Mikro Dinilai Pangkas Pengangguran di Pati 

Bagi Oliv, menjadi Ketua Forum Anak Kabupaten Pati merupakan tantangan yang dihadapi dalam rangka melaksanakan kontribusi nyata di kota tercinta. Sebagai seorang pelajar, maka amanah harus diemban sembari memprioritaskan tugas utama, yakni belajar.

Di samping itu, Oliv juga ambil peran di organisasi sekolah sebagai bentuk aktualisasi diri di kancah kepemimpinan.

“Tantangan yang akan saya hadapi melaksanakan tanggung jawab ini dengan amanah dan tetap melaksanakan kewajiban saya sebagai pelajar untuk menyeimbangkan waktu antara belajar dan organisasi. Yang penting tetap manfaatkan waktu dengan baik, karena waktu tidak dapat terulang kembali,” tegas pelajar yang menimba ilmu di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pati tersebut.

Perlu diketahui, Oliv aktif dalam berbagai organisasi di level sekolah serta masyarakat. Pengalaman itu sudah dilakoni sejak duduk di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Saat itu, ia menjadi Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 3 Pati periode 2021-2022. Ia pun mulai menjajaki organisasi Forum Anak Kabupaten Pati periode 2022-2024 sebagai Humas.

Lebih lanjut, ketika naik ke tingkat SMA, dirinya dipercaya menjadi Sekretaris Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Pati masa bhakti 2023-2024. Dan tahun ini ia berhasil memegang posisi orang nomor satu di Forum Anak Kabupaten Pati.

Selain itu, Oliv berhasil raih prestasi dengan mampu membanggakan sekolah. Di ajang FLS2N 2018 tingkat Kabupaten Pati, ia berhasil menjadi juara 2 di cabang tari kreasi Sekolah Dasar (SD).

Dikarenakan punya bakat menari, torehan itu dilanjutkan pada FLS2N 2024, kala ia mewakili lomba cabang tari kreasi SMA-nya dengan meraih juara 3 tingkat Kabupaten Pati.

Tak hanya perlombaan seni, ia juga menyabet gelar juara 2 di Pekan Olahraga Pelajar Antar Daerah (Popda) tingkat Kabupaten Pati cabang senam ritmik gada putri. Di ajang yang sama, ia turut menjadi juara 3 senam ritmik bola putri di tahun 2022.

Baca Juga:  Hujan Tak Henti, Petani Gusar Benih Padi Hanyut Terbawa Air

“Prestasi yang pernah saya dapatkan dalam bidang olahraga dan kesenian, olahraga lomba Popda senam lantai ritmik dan lomba FLS2N tari kreasi. Untuk target yang ingin saya raih lagi adalah menjadi pribadi versi terbaik dan saya ingin menjadi pemimpin dalam berorganisasi yang baik untuk semakin maju dalam kepemimpinan saya,” urainya.

Sebagai indormasi, perempuan bungsu dari empat bersaudara itu punya karakter yang disiplin dan mudah beradaptasi. Selama bertugas memimpin organisasi, ia berwatak tegas dan berjiwa sosial tinggi.

Kepribadian itulah yang membawa Oliv mudah bersosialisasi, sehingga di mana pun berada, ia dapat mengelola diri dengan baik. Apalagi dengan berbagai rutinitasnya, membawanya belajar memanage waktu secara bijak dan berani ambil keputusan.

“Saya mudah bersosialisasi dan menyesuaikan diri pada hal baru, dapat mengatur waktu, serta berani mengambil keputusan,” tegasnya.

Ia yakin mampu memimpin Forum Anak Kabupaten Pati dengan segala kemampuan terbaiknya. Ia mengaku jika orang tuanya selalu memberikan support dan menjadi teladan yang baik.

“Yakin dapat memimpin Forum Anak Pati karena saya percaya dengan diri saya, saya akan berusaha yang terbaik untuk forum anak dan berlatih dalam pengalaman-pengalaman yang ada. Saya sampai di titik ini berkat dorongan keluarga, ayah saya memberikan motivasi dan contoh dalam kehidupan saya untuk menjadi pemimpin yang baik,” ungkap perempuan yang beralamatkan di Kaborongan RT 10/RW 1, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati Kota.

Demikian kisah Oliv yang gigih berjuang mewujudkan cita-citanya sebagai pemimpin yang bermanfaat bagi sekitar.

Editor: Mila Candra

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Mr. Sujarwo
    3 minggu  lalu

    Pemuda pemuda pati pancen oke. Sungguh SDM masa depan yang luar biasa

    Balas
LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini