selamat hari bhayangkara ke 78

Kekeringan di Pati Diprediksi Landa 94 Desa, Armada Tangki Air Disiapkan

waktu baca 1 menit
Rabu, 10 Jul 2024 17:01 0 118 Vindi Agil

PATI – Mondes.co.id | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati membeberkan jika pada musim kemarau tahun 2024 ini, setidaknya diprediksi ada 9-10 kecamatan yang kemungkinan besar akan dilanda kekeringan.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya menjelaskan, kecamatan yang akan terimbas kekeringan tahun ini adalah Jaken, Jakenan, Winong, Pucakwangi, Gabus, Tambakromo, Kayen, Sukolilo, dan Batangan.

Mengacu evaluasi bencana tahun lalu, dari sejumlah kecamatan tersebut, diprediksi kekeringan melanda 94 desa.

“Kalau desa dari evaluasi kita itu dari tahun kemarin ada 94 desa. tersebar di 10 kecamatan yakni Kecamatan Jaken, Jakenan, Winong, Pucakwangi, Gabus, Tambakromo, Kayen, Sukolilo, dan Batangan,” ujarnya, Rabu (10/7/2024).

Dirinya mengaku, telah melakukan langkah-langkah guna meminimalisir risiko terjadinya kekurangan air bersih selama musim kemarau ini.

Bahkan, BPBD Pati juga telah menyiapkan armada tangki air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jika musim kemarau berlangsung lama.

Selain itu, BPBD juga membuat perjanjian kerja sama dengan pihak swasta untuk membantu Pemerintah Kabupaten Pati mengatasi musim kemarau tahun 2024.

“Selain itu, membuat MoU dengan masyarakat maupun dunia usaha yang mempunyai armada maupun tandon air. Sehingga, BPBD bisa menggunakan bak air yang dimiliki perusahaan maupun swasta untuk penampungan air,” tutupnya.

Editor: Mila Candra

Baca Juga:  Dipasang Sebelum Masanya, Alat Peraga Kampanye Boleh Ditertibkan Mandiri

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini