FKDI Tepis Perpecahan Organisasi Kades

waktu baca 2 menit
Selasa, 27 Sep 2022 14:19 0 11 mondes

PATI – Mondes.co.id | Ketua Forum Kepala Desa Indonesia (FKDI) Kabupaten Pati, Sutrisno menepis adanya perpecahan di tubuh organisasi kepala desa di Pati. Hal tersebut ditegaskan Sutrisno saat acara Silaturahmi FKDI di Gunung Wungkal.

Dikatakan, perkumpulan Kades di Pati saat ini ada dua. Yakni, Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa Pati (Pasopati) yang dinahkodai Pandoyo dan FKDI Pati yang dipimpin Sutrisno.

Sutrisno menegaskan kedua organisasi ini mempunyai visi dan misi yang sama, yakni memajukan desa. Namun, kedua kelompok ini mempunyai kedudukan yang berbeda.

“Pasopati hanya di lingkup Kabupaten Pati. Sementara FKDI Pati bisa berjejaring di seluruh Indonesia. Jadi sifatnya nasional. Jadi tidak ada pecah dan tidak akan pecah. Apalagi kades juga mempunyai tugas mengawal UU Desa. Dan itu harus diperjuangkan bersama,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Sutrisno berharap, semua kades di Pati jangan mau diadu domba. Ia menduga kabar itu merupakan salah satu cara untuk memecah belah kades.

”Roh desa ada di punggung kepala desa. Jadi kades jangan mau diadu domba untuk kepentingan sepihak. Mudah-mudahan kepala desa menjadi orang yang cerdas,” kata dia.

Dalam silaturahmi itu sejumlah anggota DPRD Kabupaten Pati dari Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) juga ikut hadir. Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Sri Wulan juga menyempatkan hadir.

”FKDI netral. Undang-undang meminta kepala desa tidak boleh berpolitik. Padahal jabatan politik. Maka dari itu, kepala desa juga punya hak untuk berkomunikasi dengan partai politik mana pun,” pungkasnya. (Ed)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *