Breaking News, Warga Pesisir Pantai Banyutowo Panik Akibat Gelombang Besar

PATI – Mondes.co.id | Gelombang besar di pesisir pantai Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah membuat panik warga sekitar pantai. Akibatnya puluhan rumah di sekitar pantai Banyutowo tergenang air laut. Senin, (23/5/2022).

Hal ini disebabkan adanya gelombang tinggi disertai angin kencang sejak pukul 11.00 WIB di pantai Banyutowo. Menurut Ahmad warga pesisir pantai banyutowo, menuturkan baru kali ini ada gelombang besar terjadi disini. Bahkan gelombang besar ini mengakibatkan beberapa rumah tergenang air.

“Air laut hingga melewati tanggul pembatas, bahkan temboknya hingga ambrol diterjang ombak. Akibatnya, puluhan rumah warga di sini yang tergenang, ya jumlahnya sekitar 50 an rumah mas,” kata Ahmad.

Selain pemukiman warga yang tergenang, tempat pelelangan ikan (TPI) banyutowo juga menunda aktifitasnya. Hal ini akibat gelombang tinggi, yang diperkirakan mencapai 1 hingga 2 meter.

“Lelang ikan juga ditunda sementara mas, karena TPI juga terdampak akibat gelombang pasang ini. Perahu nelayan juga sudah diamankan di sungai Desa Alasdowo agar tidak saling bertabrakan. Untuk sementara belum ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” terangnya.

Diperkirakan gelombang tinggi ini dipengaruhi oleh pola angin besar di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur-selatan dengan kencang. Dan situasi ini akan berlangsung hingga 7 hari kedepan.

(Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.