Alhamdulillah Lor, Pasar Hewan di Blora Sudah Dibuka, Tapi..

BLORA – Mondes.co.id | Pasar hewan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, akhirnya dibuka kembali, Jumat (5/8/2022). Meski begitu, ada sejumlah seabrek ketentuan yang wajib diikuti, agar wabah penyakit kuku dan mulut (PMK) ternak tidak kembali merebak.

Dibukanya pasar hewan diawali dengan dilakukan pemantauan dan penyemprotan disinfektan di pasar hewan atau Pasar Pon Kabupaten Blora.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polres Blora, Kodim 0721/Blora, Satpol PP dan Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora, beserta stakeholder terkait.

Pemeriksaan dan penyemprotan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus PMK yang menyerang pada hewan ternak.

Kapolres Blora, AKBP Fahrurozi mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud sinergi lintas sektoral, terutama dalam penanganan wabah PMK yang meresahkan warga.

“Hari ini seluruh jajaran Polres Blora melakukan pemantauan dan membantu penyemprotan disinfektan, bersama petugas gabungan di pasar pasar hewan,” ujarnya.

Selain melakukan penyemprotan di lokasi pasar, petugas gabungan ditingkat Polsek juga melakukan penyekatan di titik-titik perbatasan.

Meski telah diperbolehkan buka, tetapi ada sejumlah ketentuan, adapun persyaratannya yakni:

Pertama, hewan ternak yang masuk harus dalam kondisi sehat.

Kedua, hewan ternak dari luar Kabupaten Blora harus dilengkapi SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan).

Ketiga, bersedia Dilakukan Cek Ulang Kesehatan Ternak Oleh Petugas.

Terakhir, bersedia dilakukan penyemprotan disinfektan pada pedagang, pemilik, hewan ternak dan kendaraan pengangkut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.