Persiapan Lebaran, Lapas Pati Tambah Perangkat Video Call

PATI-Mondes.co.id| Layanan beshuk atau kunjungan tatap muka di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati kembali ditiadakan di momen lebaran tahun ini. Hal itu dikarenakan masih situasi pandemi Covid-19.

Hal ini sama persis dengan momentum lebaran tahun 2020 lalu, ketika layanan besuk juga tak digelar. Alasan tegas pihak Lapas sendiri jelas agar mencegah potensi kluster baru di lingkungan penjara.

Seperti ditegaskan Kepala Lapas Kelas II B, Febie Dwi Hartanto. Bahwa sesuai keputusan, maka tak ada kunjungan keluarga atau kerabat dari para narapidana di Lapas Pati.

“Pertimbangan kita tetap dengan alasan kesehatan di masa pandemi Covid-19. Jadi kunjungan dipastikan ditiadakan, hanya boleh titipan barang atau makanan saja, itupun kami seleksi ketat,” kata Febie, Selasa (11/5/2021).

Dengan peniadaan layanan besuk atau kunjungan langsung ini, maka pihak Lapas Pati menyediakan layanan Video Call (VC). Fasilitas ini ditujukan bagi para narapidana yang ingin melepas rindu dengan kerabat atau sanak keluarganya.

“Benar jadi kita sediakan layanan Video Call untuk warga binaan kita selama pandemi ini. Nanti secara bergantian, warga binaan akan diberi layanan VC selama 5-10 menit untuk menghubungi keluarga atau kerabatnya. Jika pada hari biasa hanya dua unit perangkat yang kami sediakan, maka pada lebaran besok akan kita tambah dua perangkat lagi,” pungkasya.

(As/St/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.