PASANG IKLAN DISINI

Perayaan Idulfitri, Kelompok Bedug Takbir Berlomba Menjadi yang Terbaik

waktu baca 2 menit
Selasa, 9 Apr 2024 22:31 0 119 Dian A.

JEPARA – Mondes.co.id | Menyambut malam Idulfitri, kelompok bedug takbir berlomba untuk menjadi yang terbaik. Ada delapan tim Bedug yang bersaing di Alun-alun Jepara 1 pada Selasa (9/4/2024) malam.

Kegiatan untuk melestarikan budaya Islam ini dilaksanakan pada malam takbiran Idulfitiri. Festival Bedug Takbir 2024 dibuka dengan pemukulan bedug oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta.

“Malam ini kita menggelar Festival Bedug takbir 2024. Sebagai tanda besok kita akan merayakan Idulfitri 1445 Hijriyah,” kata Edy Supriyanta.

Istimewa dalam Idulfitri tahun ini, karena bertepatan dengan Hari Jadi Kota Jepara ke-475. Ini menjadi keberkahan seluruh masyarakat Jepara.

“Jarang ada perayaan Idulfitri yang secara kebetulan bersamaan dengan Hari Jadi Kota. Mungkin tahun ini satu-satunya di Indonesia,” ungkap Edy.

Festival Bedug kata Edy, sebagai pelestarian budaya dan juga syiar Islam. Serta menjadi komitmen Pemkab dalam pembangunan keagaaman untuk  menghidupkan nilai religius yang sudah mengakar kuat di tengah masyarakat Jepara.

“Mari Jadikan Festival Bedug ini sebagai sarana untuk menguatkan ukhuwah Islamiyah,” kata dia.

Festival Bedug tahun ini yaitu A.G Percussion (Kecamatan Jepara), Bambu Etnik Nurul Islam Bumiharjo (Keling), Sriwiti Team Mambak (Pakis Aji), MTs KRM Marzuki Cepogo (Kembang) Pelemkere, Al-Ittihad Mifda PKP Pelemkerep (Mayong), An Nur (Welahan).

Selanjutnya ada kelompok Al Falah Bakalan (Kalinyamatan), Baiturrahman Lebak (Pakis Aji), Darul Hikmah Menganti (Kedung), dan Laron Percussion (Tahunan).

“Kepada seluruh peserta, tidak usah mikir menang atau kalah. Semuanya akan mendapat hadiah,” ujar Pj Bupati.

Baca Juga:  Perang Obor Tegalsambi Jadi Magnet Turis Asing

Salah satu warga Bukhori mengaku senang dengan adanya Festival bedug Takbir ini. Kegiatan ini memang sudah dinantikan setiap tahunnya.

“Ini yang ditunggu-tunggu masyarakat saat malam takbir, ada lomba bedug,” kata dia.

Editor: Mila Candra

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini