Makan Lontong Balungan di Desa Kropak Menjadi Favorit Saat Libur


PATI – Mondes.co.id | Lontong balungan Mbah Rum masih menjadi favorit pengunjung. Warung sederhana yang terletak di Desa Kropak, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati selalu ramai pengunjung. Setiap hari menghabiskan 50 kilogram (Kg) balungan sapi dan 5 kilogram (Kg) beras untuk lontongnya.

Lontong balungan Mbah Rum berdiri sejak 40 tahun lalu, walau tempatnya masuk gang sempit namun para pengunjung tidak mempersoalkan hal itu. Selain rasanya enak dengan bumbu berbagai rempah komplet, lontong balungan ini juga menyediakan tempe goreng garing dengan ukuran kecil – kecil dengan harga Rp 250,- per biji.

Auraline misalnya, salah satu pengunjung asal Pati Kota dirinya dan keluarga sengaja datang ke warung Mbah Rum hanya untuk menikmati lontong balungan ini.

“Memang saya dan keluarga sengaja datang kemari hanya kepengen menikmati makanan ini. Apalagi saat libur, selain enak rasanya, harganya juga terjangkau. Kami sudah biasa kesini, bahkan bisa sebulan sekali,” katanya. Kamis, (26/5/2022).

Sebelum menikmati lontong balungan, para pengunjung disuguhi tempe goreng kering di dalam toples. Anehnya irisan tempe tersebut begitu kecil dan membuat yang makan ketagihan.

“Walau agak keras, namun tempe ini enak dinikmati, bahkan untuk berhenti makan saja susah karena gurih. Harganya Rp 1000 dapat 4 biji, selain tempe, ada juga heci anget- anget yang disuguhkan,” ujar Auraline sambil menikmati tempe goreng kering di warung mbah rum.

Walau tempatnya sederhana, lontong balungan ini sudah terkenal kemana-mana. Harganga terjangkau Rp 22.000,- sepiring bisa membuat kenyang dan berkeringat.

“Mantab banget rasanya, lontongnya lembut kuahnya juga wuenak apalagi cara memasaknya masih menggunakan kayu bakar, daging yang menempel di balungan juga empuk sekali, pokoke sedep banget,” timpalnya.

(Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.