Kasus Covid-19 di RS Pati Ada Penurunan, Perkiraan Dampak Penerapan PPKM Darurat

PATI,-Mondes.co.id| Tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) bagi pasien Covid-19 di Kabupaten Pati mengalami penurunan. Hal serupa juga terjadi pada kasus positif Covid-19 di rumah sakit, termasuk di RS Keluarga Sehat. Penurunan ini diperkirakan sebagai dampak penerapan PPKM Darurat.

Berdasarkan corona.jatengprov.go.id pada indikator epidemiologi Kab/ Kota di Jawa Tengah per 11 Juli 2021, angka Covid-19 di daerah Pati menurun. Kabupaten Pati yang semula zona merah bergeser menjadi zona orange.

Dr. Ahmad Roykhan selaku Manajer Rawat Jalan menerangkan bahwa dengan adanya PPKM Darurat sekarang perubahan mulai terasa, yang awalnya zona merah sekarang menjadi zona orange. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat patuh kepada protokol kesehatan sehingga sangat berdampak pada pasien Covid-19. Di rumah sakit yang biasanya antrean pasien yang didiagnosa terpapar Covid-19 di IGD setiap hari penuh tapi saat ini sudah sangat berkurang.

Dengan adanya penurunan angka pasien terkonfirmasi Covid-19, IGD Covid-19 RS Keluarga Sehat melakukan proses penyemprotan desinfeksi dan general cleaning. Untuk pembagian zonasi IGD kini dikembalikan seperti awal, dan saat ini IGD sudah kembali normal sehingga pasien tidak perlu khawatir untuk datang ke IGD,” tambahnya.

“Meskipun sudah turun angka pasien terkonfirmasi Covid-19, jangan lengah dan tetap patuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

(*/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.