Jelang Lebaran, Perbaikan Jalan Hingga Kebutuhan Pokok Masyarakat Jadi Sorotan

PATI – Mondes.co.id | Rapat Koordinasi Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Perdagangan (Ekuinda) dipimpin Bupati Pati Haryanto. Hal itu dalam rangka persiapan menghadapi Hari Raya Idulfitri 1443 H/2022.

Rapat ini berlangsung di Ruang Penjawi Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Rabu (27/4/2022).

Bupati Haryanto mengingatkan bahwa dalam rangka Idulfitri, segala sesuatu harus dipersiapkan sebaik mungkin, mulai dari aspek transportasi, kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas), sarana-prasarana, hingga aspek keamanan.

Terkait transportasi, ia mengatakan bahwa beberapa waktu belakangan ada kendala akibat perbaikan ruas jalan nasional di pantura wilayah Batangan.

“Tapi Alhamdulillah di wilayah Pati,
Jalan nasional yang kemarin baru dibangun, ditunda pengerjaannya karena kalau dilanjutkan, sampai lebaran belum selesai. (Titik perbaikan) di wilayah Lengkong sampai Bumimulyo, Kecamatan Batangan,” jelas Bupati.

Jembatan Juwana juga akan diperbaiki. Namun baru dilakukan setelah lebaran, sehingga tidak mengganggu arus mudik.

Haryanto juga memberi arahan pada dinas terkait untuk memperhatikan jalan-jalan penghubung antarkecamatan yang rusak.

“Akses antarkecamatan rusaknya cukup parah. Minimal ditambal dulu, nanti diperbaiki kemudian. Ini juga untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Jalan rusak banyak dikeluhkan masyarakat di media sosial,” ujar Bupati.

Terkait harga kepokmas yang naik, menurut Haryanto masih dalam batas wajar.

“Kebutuhan pokok ada kenaikan sedikit menurut saya tidak jadi persoalan. Justru kasihan petani, kalau mau dapat untung, terhalangi kebutuhan pupuk. Pupuk mahal, tapi harga jual rendah. Kalau mau ada kenaikan harga ditekan,” ujar dia.

Selanjutnya, ia juga menekankan soal ketersediaan air dan listrik selama musim lebaran. Ia meminta PLN dan Perumda Air Minum untuk memperhatikan hal ini.

“PLN jangan sampai pemadaman pada hari – hari yang dibutuhkan itu. Kalau timing tidak pas banyak yang komplain. Air juga sama, jangan sampai terganggu. Kebutuhan-kebutuhan vital ini harus kita perhatikan,” tandas Haryanto.

Terkait sektor kesehatan, ia meminta agar Dinas Kesehatan menempatkan tenaga kesehatan dan vaksinator Covid-19 di posko-posko pengamanan (pospam) dan pelayanan (posyan).

Ia memohon dukungan semua pihak, lintas sektor, agar bahu membahu menciptakan suasana lebaran Idulfitri di Kabupaten Pati yang aman dan kondusif.

(Mk-Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.