selamat hari bhayangkara ke 78

Hari Kedua PPDB Online, Jangan Sampai Salah Menentukan Titik Zonasi

waktu baca 2 menit
Selasa, 25 Jun 2024 17:32 0 124 Dian A.

JEPARA – Mondes.co.id | Hari kedua verifikasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online jenjang SMP Negeri di Kabupaten Jepara berlangsung lancar. Kepada peserta diharapkan berhati-hati saat menentukan titik zonasi.

Kepala SMP 1 Jepara, Basuki mengatakan, pihaknya menyiapkan enam operator untuk melayani pendaftar. Seluruh Operator dioptimalkan untuk melayani para pendaftar mulai dari 24 – 27 Juni 2024  mendatang.

”Meskipun verifikasi bisa dilakukan di seluruh SMP negeri, namun para pendaftar biasanya menuju sekolah yang menjadi pilihan pertama,” ungkapnya, Selasa (25/6/2024).

Verifikasi di sekolah juga membantu siswa yang kesulitan menentukan koordinat pendaftar jalur zonasi. Operator di sekolah menemui adanya pendaftar yang salah koordinat hingga daerah Afrika dan Arab Saudi. Kesalahan ini langsung dibetulkan oleh operator yang bertugas agar tidak merugikan para pendaftar.

”Memang pada PPDB sebelumnya, juga diinfokan ada yang titik koordinatnya sampai Samudra Hindia, makanya kami antisipasi agar pada verifikasi sekarang,” ungkapnya.

Verifikasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online untuk Jenjang SMP Negeri di Kabupaten mulai dilaksanakan Senin (24/6/2024). Sejumlah pendaftar telah menyerbu sekolah-sekolah favorit yang menjadi tujuan pertama.

Salah satu pendaftar dari Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara Sekarsari mengaku rela antre dari pagi untuk melakukan verifikasi langsung di SMP pilihannya. Ia sengaja melakukan verifikasi lewat sekolah, agar bisa tepat menentukan titik koordinat untuk mendaftar lewat jalur zonasi.

”Menentukan koordinat sendiri takut salah, jadi lebih baik langsung ke sekolah,” bebernya.

Basuki menyebut, pada PPDB tahun ini, SMP 1 Jepara kembali menerima 272 siswa. Siswa ini akan dibagi menjadi sembilan kelas.

Baca Juga:  Uji Kendaraan Berkala di Dishub Pati Kini Bisa Daftar Online

Sebagaimana ketentuan dalam PPDB Kabupaten Jepara, Kuota ini akan dibagi untuk jalur zonasi minimal 50 persen, jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua 5 persen.

Tak hanya di SMP 1 Jepara, pendaftar juga memadati SMP 2 Jepara. Ratusan pendaftar menyerbu panitia PPDB di SMP tersebut. Mereka sebagian ada yang baru membuat akun dan juga proses verifikasi.

Kepala SMP 2 Fathurrahman mengaku, telah memberikan pelayanan tambahan karena banyaknya pendaftar. Pasalnya, pendaftar datang pagi-pagi mulai pagi hari, yakni pukul 06.00 WIB.

”Layanan kami yang semula rencananya dibuka pukul 07.30 dimajukan menjadi pukul 07.00,” bebernya.

Dari laman https://ppdb.jepara.go.id, beberapa SMP Negeri pada hari pertama memang sudah banyak pendaftar. Seperti di SMP 1 Jepara, jalur zonasi sudah ada 95 pendaftar dari daya tamping sebanyak 198 siswa.

Diikuti SMP 1 Pecangaan, 93 siswa dari daya tampung 273 siswa. Di SMP 2 Pecangaan terdapat 73 pendaftar dari daya tampung 201 siswa.

Editor: Mila Candra

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini