Gugah Patriotisme, Kasatlantas Trenggalek Ajak Pengguna Jalan Hormat Sang Merah Putih

TRENGGALEK-Mondes.co.id| Guna menggugah semangat patriotisme masyarakat, seluruh jajaran Satlantas di bawah kendali Polda Jawa Timur menggelar peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Secara serentak, kegiatan dilaksanakan diwilayah hukum masing-masing pada pukul 10.17 WIB hingga 10.20 WIB tanggal 17 Agustus 2021.

Sebagaimana pula, yang dilakukan oleh anggota Satlantas Polres Trenggalek dihari dan waktu yang sama, yakni mengajak masyarakat khususnya para pengguna jalan untuk sejenak berdiri dengan sikap sempurna memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih.

Dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Imam Mustolih prosesi penghormatan digelar di pertigaan Hotel Widowati, Jalan Sukarno-Hatta, Trenggalek. Tepat pukul 10.17 WIB, petugas mengentikan seluruh kendaraan yang melintas kemudian meminta pengendara untuk turun dan bersama sama memberikan penghormatan kepada bendera merah putih yang dibawa oleh sejumlah petugas kepolisian ditengah persimpangan jalan.

Dikonfirmasi awak media usai acara, lulusan Akpol 2008 itu menyampaikan jika kegiatan ini sebenarnya lebih berorientasi kepada upaya meningkatkan rasa nasionalisme, kepatuhan dan disiplin masyarakat. Mengobarkan jiwa dan semangat patriotisme tepat saat detik detik proklamasi diselaraskan dengan situasi terkini.

“Agar, masyarakat lebih tertib dalam berlalu lintas dijalan raya serta punya kesadaran untuk mendukung program pemerintah saat percepatan penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya, ketika menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Selain itu pula, lanjut Kasatlantas, saat kesadaran masyarakat sudah tinggi maka tingkat dukungan terhadap program percepatan penanganan Covid-19 pun dipastikan bisa lebih baik lagi. Terlebih, dimasa sekarang pemerintah tengah memberlakukan PPKM darurat level 4.

“Diharapkan dukungan penuh seluruh elemen masyarakat demi secepatnya kita melalui pandemi dan kembali menjalani kehidupan secara normal,” imbuh AKP Imam Mustolih.

Diingatkan oleh perwira menengah asli Purbalingga ini, bahwa bangsa yang besar adalah yang mau menghargai jasa para pahlawannya. Untuk itu, pada masa pandemi seperti sekarang seyogyanyalah sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk bersatu padu menyamakan persepsi. “Yaitu, dalam upaya bersama saling bantu guna melepaskan diri dari belenggu virus mematikan Covid-19,” tukasnya.

Menguatkan esensi pesan moral dari peringatan detik-detik proklamasi di depan Pos 9.0 Satlantas Polres Trenggalek kali ini, Kasatlantas dengan didampingi para petugas satlantas lainnya juga membagikan sebanyak 76 bendera kecil kepada para pengguna jalan.

(Heru/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.