Satpol PP Pati Sosialisasikan Pemberantasan Cukai Ilegal

PATI-Mondes.co.id| Satpol PP Kabupaten Pati pada Kamis (9/12/2021) mengadakan sosialisasi pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal di aula Kecamatan Tlogowungu. Acara tersebut dihadiri Kepala desa dan warga masyarakat Tlogowungu.

Camat Tlogowungu yang diwakili Kasi Tramtib Risky Triawan, S.I.P. pada saat membuka acara mengucapkan terimakasih kepada Satpol PP Kabupaten Pati yang telah mengadakan sosialisasi pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal di Kecamatan Tlogowungu. Risky juga berpesan kepada peserta sosialisasi untuk menyimak materi yang disampaikan narasumber dan memberikan usul saran dan pertanyaan. Diharapkan dengan acara ini Barang Kena Cukai Ilegal di Kecamatan Tlogowungu dapat diberantas.

Narasumber dari Satpol PP Kabupaten Pati Djuharianto, S.H. menyampaikan tentang regulasi barang kena cukai Ilegal, ciri-ciri rokok ilegal dan sanksi hukum bagi pengedar / penjual rokok ilegal. Juharianto menyampaikan di wilayah Kecamatan Tlogowungu beberapa waktu lalu pada saat operasi barang kena cukai Ilegal ditemukan rokok ilegal disalah satu desa. Masyarakat diharap untuk tidak tergiur dengan rokok ilegal harga murah dikarenakan negara berpotensi kehilangan pendapatan yang bersumber dari pita cukai rokok.

Selain narasumber dari Satpol PP juga dari Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Pati dan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pati. Dari Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Pati menyampaikan tentang peruntukan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau ( DBHCHT ). Dimana peruntukannya sebanyak 50% untuk kesejahteraan masyarakat, 25% untuk kesehatan dan 25% untuk penegakan hukum.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pati memaparkan tentang budidaya tanaman tembakau yang ada di Kabupaten Pati diantaranya di Kecamatan Jaken. Dimana dengan menanam tembakau dapat mengangkat taraf perekonomian masyarakat.

(*/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.