Safin Pati Sport School Gelar
Turnamen Untuk Klub-klub Nasional

PATI – Mondes.co.id | Dalam beberapa hari mendatang, yakni pada 20 hingga 22 Mei dan 27 hingga 29 Mei 2022, Safin Pati Sport School (SPSS) menggelar ajang Safin Elite Academy Tournament 2022.

Event tersebut sebagai upaya untuk mengenalkan wisata olahraga di Kabupaten Pati khususnya sepak bola. Turnamen ini berlangsung di training ground Gelora Soekarno, Mojoagung.

Sabtu (21/5), Bupati Haryanto dan Ketua Askab PSSI Pati Jumani menyempatkan diri untuk mengunjungi event tersebut.

“Dari dulu memang saya mendukung ide semacam ini. Sebab yang namanya wisata kan tidak hanya wisata religi maupun alam yang selama ini ada melainkan juga olahraga. Terlebih kalau lapangan cuma ada 1 atau 2 kan biasa, tapi di sini tersedia 7 lapangan”, ujar Haryanto saat diwawancarai.

Oleh karena itu, Haryanto mengharapkan turnamen elit ini, dapat mendongkrak potensi wisata olahraga di Pati. Terlebih, turnamen tersebut didatangi klub – klub tingkat nasional mulai dari Bali, Jakarta, Tangerang, Banten, Banjarnegara dan lain-lain.

“Apalagi mereka – mereka (tamu luar daerah-red) yang ke sini, sangat menikmati segala hal yang ada di Pati. Mulai dari kulinernya dan homestay-nya. Semoga ke depan terus dikelola dengan baik. Ya kita harus mengangkat segala hal yang baik – baik dan positif saja lah ya, agar Pati ini semakin terkenal”, ujar Bupati.

Pekan pertama Safin Elite Academy Tournament (20-22 Mei 2022), akan mempertandingkan Kelompok Umur (KU) U-14 dan U-15. Sedangkan pekan kedua (27-29 Mei 2022) mempertandingkan U-17 dan U-19.

Adapun untuk kelompok U-14, akan bersaing sebanyak delapan tim. Grup A diisi oleh Young Warrior FA (Tangerang), Salfas (Tangerang), Diklat Merden (Banjarnegara) dan Asiana (Jakarta). Sementara di Grup B, akan bertanding Farmel (Tangerang), Putra Dewata (Bali), Peropi Elti (Yogyakarta) serta tuan rumah Safin Pati Sports School.

Adapun dua tim teratas masing-masing grup akan bertemu di babak semifinal dan dilanjutkan dengan laga final.

Lalu di kelompuk U-15, akan digelar dengan sistem round robin dengan total peserta pada kategori ini sebanyak enam tim. Dan tim yang akan bersaing di U-15 ini adalah Persido (Demak), Safin Pati A, Diklat Merden, Diklat Diponegoro (DDM) Semarang, Safin Pati B dan Raga Negeri FA (Jakarta).

Sementara, Menurut Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin (Safin) selaku pemilik SPSS, selain ada potensi olahraga, training ground Gelora Soekarno, di Desa Mojoagung juga ada potensi wisata religi, kuliner, dan seni budayanya.

“Kebetulan ini moment 20 Mei, Hari Kebangkitan Nasional, kita undang dari Bali, Tangerang, BSD, Banjarnegara dan beberapa daerah lain untuk mengikuti turnamen. Dan ada keinginan menyelenggarakan turnamen tingkat internasional, untuk saat ini antar akademi. Sekarang ada 11 akademi, dan yang akan datang ada 12 klub akademi,” jelasnya.

Safin mengatakan, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan upaya untuk mempromosikan Pati dengan olahraga. Karena, menurut Wabup, wisata itu bukan hanya alam, tapi bisa juga olahraga. Dan ini juga bagian dari promosi dengan even-even yang tentunya tidak memberatkan pemerintah kabupaten.

“Ya ini sport tourism, tentunya kita membantu masyarakat. Kan nanti ada warung-warung masyarakat yang bergerak, home stay yang bergerak,” pungkasnya.

(MK-Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.