Polres Pati Proaktif Data Pemudik Yang Sudah Terlanjur Masuk Pati

PATI-Mondes.co.id| Antisipasi mencegah penyebaran Covid-19 jelang lebaran Idulfitri, jajaran Polres Pati secara proaktif melakukan pendataan pada perantau yang terlanjur mudik ke Pati.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan tes cepat (rapid test) antigen pada pemudik yang belum melakukan tes secara mandiri.
Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengatakan, aksi jemput bola ini sengaja pihaknya lakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus corona dari pemudik-pemudik yang lolos dan terlanjur masuk ke wilayah Pati.

“Kami bekerja sama dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan  terkait penyediaan alat rapid test antigen beserta tenaga medis,” ujar dia, Jumat (23/4/2021).

Hari ini, lanjut AKBP Arie, pihaknya melakukan pendataan pada enam pemudik di wilayah Pati Selatan. Mereka merupakan perantau dari Jakarta dan Sumatra yang mudik ke Kayen, Sukolilo, dan Tambakromo.

Satu di antara keenam pemudik itu telah melakukan tes usap (swab) secara mandiri dengan hasil negatif. Sementara, lima pemudik lainnya mendapat rapid test antigen di Posko PPKM Mikro desa masing-masing.

Proses tes antigen dilakukan oleh petugas Posko PPKM, Bidan Desa, Tim Medis Urkes Polres Pati, serta Bhabinkamtibmas yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Pati Kompol Sugino.

“Setelah dilakukan rapid test antigen pada para pemudik tersebut, hasilnya semua negatif Covid-19,” pungkasnya.

(HmsRes/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.