Penggunaan DD Tahun 2021 Desa Mustokoharjo Tidak Sesuai APBDes

PATI-Mondes.co.id| Kepala Desa Mustokoharjo Kecamatan Pati Agus mengatakan bahwa penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2021 dinilai tidak tepat sasaran. Hal itu menyusul atas instruksi dari Bupati Pati yang meminta agar anggaran Covid-19 di Desa Mustokoharjo lebih dimaksimalkan.

“Ada beberapa item anggaran yang tidak sesuai dengan APBDes awal, dan itu kalau tidak ada surat turun dari Bupati,  kami juga tidak berani untuk menganggarkan,” ungkap Agus kepada wartawan beberapa waktu lalu, (3/7/2021).

Kebijakan pemerintah tidak sesuai dengan situasi desa, apalagi untuk tahun 2021, banyak anggaran dari DD untuk kegiatan fisik yang dikurangi.

“DD di Desa Mustokoharjo Rp 790 juta, dan itu difokuskan untuk BLT dan penanganan Covid-19 selama 1 tahun, sementara untuk fisik yang kita buat tahun 2021 ini, tidak bisa terserap maksimal,” katanya.

Pengalihan anggaran untuk BLT dari DD dan penanganan Covid-19, sudah diploting selama 1 tahun. Hanya saja itu belum diketahui, apakah bisa terserap semua apa tidak.

“Kemarin ada surat turun dari Bupati, suruh membentuk tim untuk covid-19, sehingga fisik di tahun 2021 tidak bisa terserap maksimal, karena makin lama makin dikurangi, dan BLT DD sudah di anggarkan 1 tahun, entah nanti bisa digunakan atau tidak,” tandasnya.

(Hdr/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.