PASANG IKLAN DISINI

Aktivis Lingkungan Gelar Orasi, Soroti Lambatnya Penanganan Kasus Tambak Udang Karimunjawa

waktu baca 2 menit
Senin, 24 Jul 2023 12:11 0 454 mondes

JEPARA – Mondes.co.id | Aktivis lingkungan atau peduli kelestarian lingkungan Karmunjawa, menggelar orasi di depan Tugu RA Kartini Jepara. Mereka menyoroti lambatnya penanganan kasus tambak udang yang ada di wilayah kepulauan tersebut.

Selain melakukan oerasi, para aktivis ini juga melakukan penggalangan koin Peduli SaveKarimunjawa, kepada warga masyarakat yang melintas di depan Tugu RA Kartini, pada Senin pagi, 24 Juli 2023.

Dalam aksinya tersebut nampak Aditya Ketua DPD Kawali, Bambang Zakariya Ketua Lingkar Juang Karimunjawa, dan Daniel aktivis yang terjerat kasus UU ITE yang diduga melakukan ujaran kebencian dalam unggahan di Facebook-nya tanggal 12 November 2022.

Aksi gerakan Save Karimunjawa ini untuk mengirim pesan kepada masyarakat bahwa ada persoalan serius terhadap kerusakan alam Karimunjawa akibat tambak udang.

“Kami juga ingin mengajak warga terlibat dan mendukung gerakan pelestarian alam Karimunjawa,” ujar Aditya, penanggung jawab aksi.

Aditya juga berharap, para pemangku kepentingan serius dalam mengatasi persoalan kerusakan lingkungan ini.

“Sebab berdasarkan informasi yang kami dapat, peringatan yang diberikan oleh Taman Nasional Laut Karimunjawa ternyata hanya ditujukan kepada satu petambak udang yang baru memasang inlet. Sementara yang sudah membuang limbah tidak ditegur dengan keras,” ujar Aditya.

Menurutnya, ada sikap saling menunggu antara Pemda, TNLKj, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan Kementerian Perikanan.

“Walaupun telah terbukti limbah tambak udang merusak kawasan konservasi tetapi tetap saja dibiarkan beroperasi oleh para pemangku kepentingan,” ujar Bambang Budiyanto dalam orasinya.

Baca Juga:  Perayaan Tri Suci Waisak Akan Dipusatkan di Desa Blingoh, 5.000 Umat Budha Hadir

Sementara kerusakan terus saja terjadi dan semakin meluas. (Ar/Mr)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini