Viral Soal Parkir Stadion Joyo Kusumo Terjawab, Dinporapar Pati Panggil Pengelola

PATI-Mondes.co.id| Sempat Viral di Facebook persoalan Pengelolaan parkir Stadion Joyo Kusumo di Desa Winong, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, akhirnya terjawab. Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pati memanggil pengelola parkir. Pada, Rabu (02/2/2022).

Berawal dari banyaknya aduan dari masyarakat mengenai Pengelolaan Parkir. Dinporapar Kabupaten Pati akhirnya memanggil warga yang selama ini memanfaatkan lahan stadion Joyo Kusumo Pati untuk dilakukan pembinaan. Hal ini terkait persoalan penitipan kendaraan/parkir kendaraan sebagaimana yang dikeluhkan masyarakat.

Dalam pembinaan tersebut, disampaikan bahwa untuk pengelolaan Parkir saat ini memang masih dalam tahap koordinasi dengan OPD terkait agar sesuai aturan yang berlaku. Hingga saat ini keputusan untuk pengelolaan Parkir masih dalam proses pembahasan.

“Warga yang memanfaatkan lahan stadion joyokusumo untuk parkir kendaraan, harus menghentikan aktifitas tersebut sampai dengan adanya hasil keputusan prosedur pengelolaan parker stadion joyo kusumo,” ungkap Kepala Dinporapar Pati, Rekso Suhartono.

Hadir 2 orang perwakilan dari warga yang memanfaatkan lahan stadion untuk penitipan / parkir kendaraan. Disampaikan, bahwa selama ini memanfaatkan lahan tersebut namun setiap bulan melakukan setor ke Kas Daerah Rp 200 ribu per bulan dari hasil yang diperoleh. Dan memohon agar nantinya dalam pengelolaan parkir tetap memikirkan unsur kemanusiaan yaitu yang selama ini ada di Stadion Joyo Kusumo.

Kepala Dinporapar Pati Rekso Suhartono, mengatakan bahwa segala keputusan dari rapat nantinya harus diterima dengan legowo karena memang stadion adalah area publik yang dikelola untuk banyak orang.

“Namun untuk sementara mempersilahkan tetap untuk melaksanakan parkir tapi hanya di hari minggu / libur dengan ketentuan sesuai dengan Peraturan untuk Sepeda Motor Rp 1 ribu rupiah dan Mobil Rp 2 ribu rupiah, dengan catatan tetap menjaga keamanan, ketertiban, kenyamanan dan tanggung jawab baik kepada Pemerintah yang selama ini dilaksanakan maupun kepada orang yang menitipkan kendaraannya,” terangnya.

Diharapkan dengan adanya Pengelolaan dan pengembangan stadion dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang menggunakan Stadion Joyo Kusumo baik untuk aktifitas olahraga maupun aktifitas rekreatif lainnya.

Sebelumnya, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati sudah melakukan perencanaan dalam pengelolaan, yang Per bulan Januari 2022 ditugaskan untuk mengelola Stadion Joyo Kusumo Pati.

Sejak awal Januari Dinporapar Pati sudah melaksanakan Koordinasi dengan Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Pati dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan dengan Pengelolaan Stadion Joyo Kusumo.

Koordinasi meliputi dari DPUTR, Dinas Perhubungan (Dishub), BKPP, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Polres / Polsek Pati, Pemerintah Desa Winong, KONI Pati, BPKAD, Inspektorat, dan Bagian Hukum, guna membahas tentang pengelolaan dan Pengembangan Stadion Joyo Kusumo agar menjadi kawasan yang nyaman, aman, tertib dan sesuai dengan aturan yang ada.

Hasil dari Koordinasi tersebut secara bertahap akan dilaksanakan dengan memperhatikan unsur-unsur kemasyarakatan, antara lain dalam pertemuan tersebut focus sementara pada penelusuran Aset dan Pengelolaan Parkir yang ada di Stadion Joyo Kusumo.

Tahapan untuk penelusuran Aset dilaksanakan untuk saat ini beberapa aset yang sebelumnya dimanfaatkan oleh perorangan tanpa ijin telah diminta untuk dikembalikan dan selanjutnya akan digunakan sebagaimana peruntukannya.
Penelusuran ini akan terus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Untuk pengelolaan Parkir sedianya telah dilakukan koordinasi namun belum sepenuhnya menghasilkan keputusan karena harus mempertimbangkan berbagai hal, persoalan ini memang dibutuhkan pendekatan yang baik agar fasilitas stadion dapat berguna bagi masyarakat. Namun tetap memperhatikan unsur kemanusiaan yang selama ini berjalan di Stadion Joyo Kusumo,” tandasnya.

(Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.