Tes CAT Perangkat Desa, Bupati: Ujian Lebih Transparansi dan Berkualitas

PATI – Mondes.co.id | Ratusan peserta seleksi pengisian perangkat desa di Kabupaten Pati mengikuti tes CAT yang bertempat di Auditorium Hotel UTC Semarang, Sabtu (16/4/2022).

Dari 706 peserta seleksi, terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi jam 07.30 dan sesi kedua jam 12.00 WIB. Adapun pada tes kali ini, Universitas Stikubank (Unisbank) merupakan pihak pemenang selaku fasilitator dalam pelaksanaan tes CAT.

Di sesi kedua tersebut, turut hadir Bupati Pati Haryanto untuk memantau langsung proses pelaksaan tes CAT yang baru pertama kali diselenggarakan bagi pengisian perangkat desa di Kabupaten Pati.

“Alhamdulillah, berdasarkan apa yang saya ikuti tadi, ujian ini sangat bisa dipertanggung jawabkan. Secara transparan, akuntabel serta para peserta pun terlihat nyaman saat mengerjakan soalnya masing – masing”, ujar Bupati Pati Haryanto saat sambutan.

Kepada seluruh peserta ujian di sesi kedua tersebut, Bupati menegaskan bahwa pihaknya tidak sedikit pun mengambil alih kewenangan yang dimiliki oleh kepala desa penyelenggara isian seleksi. Namun, pemerintah daerah hanya mengatur regulasi yang ada. Serta memfasilitasi maupun menjembatani upaya untuk transparani di dalam penyelenggaraan. Sekaligus tidak memberatkan bagi para peserta. Sebab, ujiannya telah ditanggung pemerintah daerah.

“Setiap 1 formasi, anggaran yang dikeluarkan sebanyak 5 juta rupiah. Sehingga calon tidak dipungut biaya apapun. Kalau perjalanan dari Pati ke Semarang membutuhkan biaya transport, tidaklah seberapa dan merupakan hal yang wajar. Ujian ini tidaklah jauh berbeda dengan tes CPNS, sehingga hasilnya dapat langsung dilihat”, jelasnya.

Sehingga Bupati menilai bahwa pada ujian CAT perangkat desa ini, terdapat transparansi, kejelasan serta kualitas. Terlebih, CAT langsung bersinggungan dengan teknologi.

Sementara, Ketua Pelaksana Tes CAT dari Unisbank, Elen Puspitasari menyampaikan, menyampaikan bahwa hasil dari tes ini bisa langsung dilihat. Yaitu, usai pelaksanaan ujian selama 90 menit, hasilnya dapat langsung dicetak dan diberikan pada kepala desa maupun panitia desa sesuai dengan formasi.

“Baik di sesi satu maupun sesi dua masing – masing durasinya 90 menit. Namun di sesi dua terdapat tambahan untuk formasi kasi pelayanan dan formasi ini ada tes praktiknya melalui CAT juga selama 30 menit. Jadi di sesi dua ini memang sedikit lebih lama”, jelas perempuan yang juga menjabat Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Unisbank.

Sesuai mekanisme yang telah ditentukan bahwa, ujian tertulis pengisian perangkat desa dilaksanakan pada hari Sabtu (16/4/2022) di Hotel UTC di Semarang. Dalam prosesnya agar berjalan dengan lancar, telah disepakati melalui MoU antara Rektor Unisbank dengan para kepala desa yang dilaksanakan di Ruang Penjawi Setda Pati pada 5 April 2022 lalu.

(MK-Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.