Pemkab Targetkan Capaian Vaksin Lansia di Atas 70%

PATI-Mondes.co.id| Pemerintah Kabupaten Pati saat ini masih mengupayakan agar capaian vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia (Lansia) setidaknya bisa mencapai prosentase di atas 70 persen.

Bupati Pati Haryanto menyebut, saat ini capaian vaksinasi lansia masih berkutat di angka 65 persen. Adapun total sasaran vaksinasi lansia ialah 140 ribu penduduk.

Hal tersebut ia sampaikan usai memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Vaksinasi Covid-19 di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (31/1/2022).

“Secara keseluruhan sudah 83 persen. Kalau anak-anak (usia 6-11 tahun) mudah. Belum satu bulan sudah 82 persen (dari 112 ribu sasaran). Adapun lansia berkutat di 65 persen,” ujar dia ketika diwawancarai.

Menurut Haryanto, angka 65 persen untuk vaksinasi lansia sebetulnya sudah cukup baik. Namun, menurutnya masih perlu dimaksimalkan agar bisa di atas 70 persen atau bahkan 80 persen.

Bupati menilai, kendala untuk vaksinasi lansia, rata-rata anaknya tidak membolehkan, kemudian memiliki penyakit bawaan, atau enggan hadir di lokasi suntik vaksin.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan strategi jemput bola, yakni mendatangi lansia yang belum vaksin dari rumah ke rumah.

“Jadi strategi jemput bola. Malam hari kami datangi. Bukan sekadar disiapkan tempat untuk vaksin, tapi didatangi langsung. Kalau sudah diberi pengertian in syaa Allah bisa,” ungkap dia.

Haryanto mengatakan, evaluasi vaksin hari ini juga dilakukan untuk mengantisipasi varian Covid-19 Omicron. Sekalipun belum diketahui di Pati ada atau tidak (penularan omicron), yang jelas vaksin harus tetap dijalankan secara maksimal.

(MK-Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.