Laporan Kades Sumbermulyo di Akhir Masa Jabatan Tuai Kontroversi

PATI-Mondes.co.id| Rapat Pertanggung jawaban Akhir Masa jabatan (AMJ) Kepala Desa Sumbermulyo bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berlangsung di balaidesa Sumbermulyo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pada, Selasa (23/02/2021) menuai kontroversi.

Rapat pertanggung jawaban akhir masa jabatan (AMJ) dihadiri Kepala Desa, bendahara desa, seluruh anggota BPD Sumbermulyo, namun tidak ada tokoh masyarakat atau lembaga desa yang hadir. Rapat kali ini untuk mendengarkan pertanggung jawaban di akhir masa jabatan, pasalnya Kades akan mencalonkan kembali. Hal ini sudah menjadi tanggung jawab bagi Kades untuk melaporkan kepada masyarakat sebagai keterbukaan publik saat menjabat.

Usai dibacakan laporan pertanggung jawaban, salah satu anggota BPD, Agung Mulyono menanyakan perihal pengelolaan keuangan desa, tentang pekerjaan pembangunan fisik, Bumdes, pengelolaan keuangan, serta pengadaan barang, yang di anggap masih ada yang belum terselesaikan saat ini.

“Pembacaan laporan Kades dalam rapat tadi, Kades hanya menjelaskan untuk keuangan yang ada di Bumdes hanya 60 juta sekian, padahal menurut data kami, itu ada 100 juta  sekian, ini kan sudah jelas – jelas menyimpang jauh,” jelas Agung.

Sementara saat memberikan keterangan, bendahara desa tak mampu menjawab dengan rutun pertanyaan anggota BPD Desa Sumbermulyo. Alhasil jawaban yang diberikan bendahara tak sesuai dengan pertanyaan, yang aneh lagi bendahara celetuk “uang dipinjam orang 50 juta”, pada akhirnya rapat ricuh, sehingga rapat pertanggung jawaban tak menemukan hasil yang baik.

Lanjut di katakan Agung Mulyono, yang menjadikan persoalan masalah pengelolaan anggaran Desa Sumbermulyo. Dirinya tidak mendatangani berita acara yang sudah dibacakan, selain itu rapat di anggap tidak memenuhi kuota forum karena lembaga desa beserta tokoh masyatakat tidak hadir.

Sementara, saat usai rapat berakhir, Kades dan Bendahara Desa Sumbermulyo langsung meninggalkan balaidesa. Bahkan para awak media yang ingin minta klarifikasi Kades Sumbermulyo pihaknya enggan menjawab, hanya “no coment,” jawabnya.

(Imam S/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.