Kades Dukuhseti Punya Rencana Apik Dibalik Penanaman Pohon Mangrove

PATI-Mondes.co.id| Kegiatan penanaman pohon mangrove disepanjang bibir pantai Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dihadiri berbagai unsur, mulai dari Pemerintah Daerah, (Pemda), Kepolisian, TNI, hingga Pemerintah Desa (Pemdes). Pada, Rabu (19/1/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Kepala Desa (Kades) Dukuhseti Ahmad Rifa’i yang hadir beserta perangkat desa, dan Karangtaruna, serta Ormas dan Mahasiswa KMPP Semarang, berjibaku dalam melaksanakan penanaman Puluhan ribu pohon mangrove dipinggir pantai.

Menurutnya, ini sebagai wujud menjaga kelestarian bibir pantai. Penanaman mangrove dipinggir pantai sangatlah penting, mengingat selain menjaga abrasi pantai itu sendiri mangrove juga bisa menjaga keindahan pantai.

“Kami menilai positif, penanaman pohon mangrove bisa sebagai sisi ketahanan benteng dipinggir pantai, selain itu juga bisa manahan abrasi. Dalam jangka panjang adanya hutan mangrove yang ditanam di bibir pantai Cinta ini, kedepan juga dapat dijadikan sektor Wisata pantai,” terang Kades Dukuhseti yang akrab dipanggil Rifa’i kepada wartawan mondes.co.id.

Ditambahkan Ahmad Rifa’i, Desa Dukuhseti sendiri juga mempunyai wilayah bibir pantai di Dukuh Slempung. Kedepan, Pihaknya berencana akan menjadikan bibir pantai ini sebagai hutan mangrove, sehingga bisa menjadikan destinasi wisata khususnya di Desa Dukuhseti dan mampu memberikan kontribusi ke Pemdes dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Seiring dengan rencana ini, Pemdes Dukuhseti kedepan akan membuat bibir pesisir Slempung bisa menjadi destinasi Wisata yang mampu menumbuhkan perekonomian lokal Desa,” imbuhnya.

Diakui, saat ini memang belum bisa terealisasi. Persoalan hambatan Infrastruktur yang belum memadai, sehingga menjadi kendala. Perlu persipan yang matang, Mulai akses jalan masih belum maksimal. Sehingga butuh perhatian pihak terkait serta kerja keras dalam memuluskan program apik ini.

“Kami berharap kedepan rencana pembangunan destinasi wisata bisa berjalan. Semoga Pemerintah Pusat dan Daerah bisa mendukung apa yang dicita- citakan masyarakat dukuhseti,” tandasnya.

(Dn/Mondes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.