Jalan Tol di Pati Terus Dikaji, Tol Layang Jadi Opsi

waktu baca 2 menit
Sabtu, 1 Okt 2022 01:53 0 16 mondes

PATI – Mondes.co.id | Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pati menggaungkan, jika proyek strategis nasional Jalan Tol Demak-Tuban yang melintasi wilayah Kabupaten Pati, pada sejumlah titik dimungkinkan untuk dibuat tol layang.

Kepala DLH Pati, Tulus Budiharjo mengatakan, proyek tol layang sangat mungkin diterapkan di Bumi Mina Tani. Khususnya di daerah yang rawan terdampak bencana banjir.

Hanya saja, bentuk kontruksi ini masih menjadi pembahasan dan dikaji lebih mendalam oleh tim Amdal.

Mengingat ada beberapa desa di kabupaten pati yang nantinya dilalui pembangunan Jalan Tol Demak-Tuban diketahui merupakan desa rawan banjir.

“Memang wacana saat sosialisasi karena trase atau jalur tol menyusuri sungai Juwana. Jadi kemarin disampaikan ada beberapa desa yang dilalui rawan banjir. Jadi tim amdal kontruksi juga ada jawaban, bahwa jalan tol tidak dibawah semua, tapi juga pakai layang. Dan ini akan ada kajian,” terangnya, belum lama ini.

Meski begitu Tulus tidak menjelaskan secara rinci desa mana saja yang diketahui rawan banjir. Akan tetapi ia menegaskan memang beberapa desa yang dilalui merupakan desa rawan banjir karena menyusuri Sungai Juwana.

“Kalau perencanaan jalan tol prosesnya memang baru amdal. Kita tidak bisa berbicara banyak,” tambahnya.

Namun ia berharap dengan opsi tol layang ini, beberapa desa yang biasa tergenang banjir tidak semakin parah. Sehingga tidak merugikan warga dan juga pengendara nantinya.

Pihaknya yakin bahwa proyek ini akan melalui kajian yang sangat baik. “Saya yakin ini kajiannya pasti dicermati dengan baik,” tutupnya. (Dr)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *