selamat hari bhayangkara ke 78

Canangkan Program ‘Desi Cantik’, Sitirejo Dipercaya Sebagai Desa Cinta Statistik

waktu baca 2 menit
Rabu, 19 Jun 2024 17:00 0 100 Singgih TN

PATI – Mondes.co.id | Desa Sitirejo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati sebagai Desa Cinta Statistik.

Program yang dipercayakan kepada pemerintah desa (Pemdes) tersebut dinamai ‘Desi Cantik’ yang merupakan singkatan dari Desa Sitirejo Cinta Statistik.

Pencanangan tersebut diadakan pada hari ini, Rabu (19/6/2024) dalam kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah. Di kesempatan itu, sekaligus mengenalkan program ‘Desi Cantik’.

Menurut Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat, penunjukan Desa Sitirejo sebagai Desa Cinta Statistik agar menyediakan data sektoral, terutama data seputar potensi desa.

Nantinya, Badan Pusat Statistik (BPS) menjalankan program pendampingan kepada Pemdes Sitirejo guna penyajian data, mulai dari data kependudukan, data masalah sosial, serta data kesehatan.

“Manfaatnya tersedia data sektoral utamanya data potensi desa. Artinya, BPS akan punya program di Sitirejo membantu mendampingi hal-hal yang berkaitan penyajian data seperti data kependudukan, data masalah sosial, data tentang kesehatan dan lain-lain, pokoknya seputar potensi desa,” ujarnya saat dihubungi Mondes, hari ini.

Program Desi Cantik mulai dijalankan hari ini, agenda pertama yang dijalankan BPS mendampingi pembenahan Prodeskel atau Profil Desa/Kelurahan maupun data potensi desa. BPS melakukan pembinaan kepada Pemdes setempat dalam pengelolaan data yang baik.

“Nanti ada website-nya, hal-hal yang sifatnya umum dilihat di website, pembina dari BPS, didampingi dari BPS. Yang terlebih dahulu dibenahi adalah Prodeskel dan data potensi desa,” kata Mirza.

Ia mengatakan, pencanangan Desa Sitirejo sebagai Desa Cinta Statistik diharapkan mempelopori desa lain, agar mampu sajikan data guna mendukung pembangunan desa.

Baca Juga:  DPD Partai Perindo Pati Targetkan Boyong Penuh Kursi

“Intinya mempelopori desa yang lain agar siap menyajikan data-data yang diperlukan untuk membantu pembangunan desa, begitu,” pungkasnya.

Editor: Mila Candra

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA

Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini